Komando Armada II Bekerja Sama Dengan Pemerintah Kabupaten Ponorogo Memberikan Bantuan Vaksinasi

DERAP.ID|| Ponorogo,-  Sesuai dengan UU No. 34 tahun 2004, selain memiliki tugas Operasi Militer Perang, TNI juga memiliki tugas Operasi Militer Selain Perang. Dimana tugas tersebut salah satunya  adalah membantu menanggulangi akibat bencana dan pemberian bantuan kemanusiaan. Seperti Covid-19 yang secara resmi telah dinyatakan sebagai bencana nasional oleh Presiden RI Joko Widodo.

Oleh karena itu TNI Angkatan Laut melalui Komando Armada II bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Ponorogo memberikan bantuan Vaksinasi Maritim yang digelar pada Kamis, 10 Maret  2022 , menyiapkan sebanyak 25.000 dosis vaksin 1 dan 2 jenis Sinovac yang dilaksanakan serentak di seluruh fasilitas kesehatan diwilayah Kabupaten Ponorogo.Dari 25.000 dosis vaksin tersebut sebanyak 1000 dosis disiapkan untuk anak usia 6-11 tahun yang digelar di SD IT Qurrota Ayun Ponorogo.

Pelaksanaan vaksinasi ini juga mendapat perhatian besar dari  Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, yang hadir langsung meninjau kegiatan bersama dengan Bupati Ponorogo, H.Sugiri Sancoko serta Komandan Satgas Bantuan Vaksinasi Maritim Ponorogo Letkol Laut (P) Farid Ardiansyah. Menurut Laksda Iwan-sapaan akrab Pangkoarmada II, pihaknya meneruskan perintah Presiden Joko Widodo, kemudian Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, dan juga khususnya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang menekankan kepada seluruh jajaran TNI AL dari Sabang hingga Merauke agar secara optimal membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19 bagi rakyat Indonesia.

“Vaksinasi ini adalah perintah langsung Bapak Presiden untuk menyelesaikan hingga dengan tuntas. Dan atas perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, kami  akan terus terus mendukung kegiatan ini (vaksinasi) sampai tuntas sampai ada pepencabutan dari Bapak Presiden bahwa pandemi selesai, ” tutur Laksda Iwan, sapaan akrab Pangkoarmada II.

Lebih lanjut Pangkoarmada II menyampaikan, tujuan dari perintah tersebut tidak lain untuk membantu percepatan terbentuknya Kekebalan Kelompok atau Herd Immunity rakyat Indonesia melalui vaksinasi. Karena dengan melaksanakan vaksinasi, diyakini dapat mengendalikan pandemi, dan memutus mata rantai penularan Covid-19  serta menuju era endemi Covid-19 sehingga pandemi covid-19 segera sirna dibumi kita tercinta.

Sementara itu terkait upaya membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19, Koarmada II selama ini  telah membantu pemberian Vaksinasi Maritim ke sejumlah kota dan kabupaten di wilayah JawaTimur maupun Jawa Tengah, antara lain Kota Surabaya, Kota Malang, Kab. Tegal, Kab. Trenggalek,  Kab. Kediri, Kab. Blitar, Kota. Blitar, Kab. Pacitan, Kab. Pasuruan, Kab. Ngawi,  Kab. Sidoarjo, Kab. Gresik, Kab. Bangkalan, Kab. Banyuwangi, Kab. Lamongan, Kab. Pamekasan,  Kab. Tulungagung, Kota Semarang, dan Kab. Nganjuk.(@Budi Rht DERAP.ID)