Mengendalikan Hama, Para Petani Mengadakan Gropyokan Tikus.

0
963

DERAP.ID , Klaten – Pada musim tanam padi tahun ini, petani di Kecamatan Karangdowo khususnya di Desa Kupang dibuat pusing dengan banyaknya populasi hama tikus di wilayahnya, untuk mengendalikan hama tikus tersebut kelompok tani dan petani penggarap mengadakan acara Gropyokan tikus pada hari Rabu (08/08/2018).

Tampak hadir orang nomer satu di desa kupang yakni Kades Sutari yang meninjau lokasi gropyokan memberi semangat pada petani yang sedang mencari tikus. Pemerintah Desa Kupang akan memberikan insensif kepada para petani berupa pupuk,obat-obatan, benih serta uang tunai tergantung jumlah tikus yang di dapatkan,”kata Sutari.

Pada kesempatan yang sama Kades juga mengapresiasi akan semangat para petani akan aksi gropyokan ini, dalam waktu 3 jam para petani berhasil mendapatkan lebih kurang 400 ekor tikus.

Pengurus Gapoktan Desa Kupang Mulyono mengatakan acara gropyokan tikus ini diadakan mengingat populasi hama tikus sudah sangat menghawatirkan banyaknya, sehingga sangat meresahkan petani, banyak tananman padi yang sudah rusak dimakan tikus. Kegiatan gropyokan tikus ini akan dilakukan secara berkesinambungan sampai jumlah populasi tikus berkurang atau habis,”pungkasnya.(ags02)