Seklumit Sejarah Koperasi Jama’ah Al Khidmah Surabaya

0
4248

DERAP.ID, Surabaya – Jelang pelaksanaan Peresmian Koperasi Jama’ah Al Khidmah Surabaya yang rencananya akan dilaksanakan pada hari ini, alangkah baiknya kita mengenal lebih dekat Jama’ah Al Khidmah. Minggu (12/08/18)

* Tentang Al Khidmah

Al Khidmah merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Hadhrotus Syaikh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy RA. untuk menampung lapisan ummat yang mempunyai I’tiqod pada Ibadillahish Sholihin (hamba-hamba Allah yang sholih), melindungi, menaungi serta
melestarikan ajaran-ajaran Aslafina As-Sholihin (orang-orang sholih yang telah mendahului kita dari golongan ahlu sunnah wal jama’ah) dengan cara mengajar, mendidik (dalam lembaga
pendidikan/pondok pesantren), serta melaksanakan dan menyelenggarakan kegiatan yang telah menjadi amalan orang-orang sholih tersebut.

Tujuan didirikannya Al Khidmah agar terwujudnya pribadi, keluarga, masyarakat dan bangsa yang sholih serta sholihah, bercita-cita tinggi dan mulia, berilmu dan bertaqwa, dekat dan diridhoi oleh Allah SWT. di bawah naungan dan lindungan aqidah Ahlus Sunnah WalJama’ah, dalam untaian dan rangkaian amaliah sholihah dan akhlaqul karimah aslafunas sholihun. Untuk bisa ditangani dengan sempurna maksud/ tujuan tersebut dibentuklah Al Khidmah.

Al Khidmah pada awalnya menyelenggarakan kegiatan-kegiatan rutin (istiqomah/continuous) dalam kalangan sendiri (murid/ alumni pondok), dalam perjalanannya kegiatan yang diadakan tersebut telah menjadi milik masyarakat umum, yang dimaksud adalah bahwa dalam
setiap kegiatan yang dilaksanakan tersebut, ada partisipasi masyarakat umum yang sangat dominan
dan juga telah terjadi sebuah hubungan kerjasama antar jama’ah (pengurus) Al Khidmah dengan masyarakat umum dalam penyelenggaraan acara tersebut, mulai dari persiapan sampai pelaksanaan.

Kegiatan yang dibidangi oleh Al Khidmah, selain pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan ilmu lahir dan batin (dalam lembaga pendidikan Pondok Pesantren Al-Fithrah), antara lain:
1. Kebersamaan didalam berdzikir kepada Allah S.W.T.;
2. Kebersamaan didalam Khataman Al-Quran Al-Karim;
3. Kebersamaan didalam Sholawat kepada Rasulillah SAW.;
4. Kebersamaan didalam Pembacaan Manaqib Syaikh Abdul Qodir Al Jilani RA.;
5. Kebersamaan didalam memuji, bersyukur, dan berdo’a; mendoakan kedua orang tua, para guru, para keluarga, para pinisepuh, para tokoh masyarakat serta segenap Arwaahul Muslimin Wal Muslimat Wal Mu’minat Al-ahyaa-i minHhum Wal Amwaat Fi Jami’il Jihat.

Dalam perjalanannya Al Khidmah telah mengalami perkembangan yang signifikan, saat ini kepengurusan Al Khidmah telah ada di hampir seluruh daerah di Indonesia. Tingkat kepengurusan Al Khidmah telah ada mulai dari tingkat desa (Koordinator), Kecamatan, Kabupaten / Kotamadya, Provinsi sampai tingkat pusat (negara) dan juga kepengurusan luar negeri seperti di Malaysia dan Singapura.

Kedepan diharapkan Al Khidmah juga menjadi milik pemerintah (negara/ daerah), yang dimaksud adalah bahwa kegiatan-kegiatan itu oleh pemerintah, baik rutin atau insidentil, disengaja diadakan dalam rangka kepentingan pemerintah itu sendiri (untuk keberkahan, kebaikan, kemakmuran, keselamatan dan kesejahteraan negara/ daerah).

Dalam hal ini pengurus/ jama’ah Al Khidmah hanya berperan sebagai membantu terlaksananya kegiatan dimaksud.

* Tentang Koperasi

Al Khidmah dideklarasikan oleh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy RA. dalam acara halal bihalal dan sarasehan pertama Jama’ah Al Khidmah pada tanggal 25 Desember 2005 di Semarang.

Dalam sarasehan tersebut KH. Achmad Asrori Al Ishaqy RA. telah menyampaikan suatu pemikiran dan saran serta harapan kepada para Jama’ah Al Khidmah. Dalam meniti dan melangkah menjalani hidup dan kehidupan, tentu tidak bisa lepas dari tuntutan untuk memenuhi segala perangkat kebutuhan hidup, dan begitu pula, dalam menjalankan roda perjuangan dan segala kegiatan Jama’ah Al Khidmah.

Tentu memerlukan kesiapan dan dana yang banyak dan besar untuk meraih kesuksesan yang prima, lebih-lebih yang sempurna. Maka dalam hal ini K.H. Achmad Asrori Al Ishaqy RA mengibaratkan Jama’ah Al
Khidmah sebagai seekor burung yang ingin terbang tinggi tentunya harus dikembangkan dan digerakkan kedua sayapnya, satu sayap untuk kesejahteraan dan kemakmuran keluarga dan lingkungan sekitarnya, dan sayap yang satu lagi untuk mengabdi dan berkhidmah kepada Allah SWT., dengan memenuhi zakat, berinfaq, bershodaqoh, dan memberi bantuan dan pertolongan.

Alangkah baik dan mulianya, bila kedua sayap ini, bisa dikembangkan dan digerakkan bersama￾sama antara Jama’ah Al Khidmah dan para Mu’taqidin Wal Muhibbin, lebih-lebih bila bisa terbentuk dalam satu wadah dan sarana, seperti koperasi.

Berangkat dari dorongan motivasi dari tuntunan dan bimbingan guru ini akhirnya pada sekitar tahun 2009 Pengurus Daerah Jama’ah Al Khidmah Surabaya mengawali membentuk suatu wadah badan usaha jama’ah Al Khidmah.

Dalam awal perjalanannya badan usaha Jama’ah Al Khidmah Surabaya mendapatkan kendala yang berat dari luar maupun dari dalam sendiri terutama kurangnya SDM yang kompeten dalam mengelola badan usaha ini.

Jatuh bangun usaha yang pernah didirikan Pengurus Daerah Jama’ah Al Khidmah Surabaya sampai akhirnya pada tahun 2018 dengan bermodal pengalaman menjalankan usaha dan modal dana dari Jama’ah secara swadaya bertekad membuka usaha Toko KHIDMAH Mart di lantai 1 kantor sekretariat Jama’ah Al Khidmah Kota Surabaya di Jalan Platuk Donomulyo VII/ 44, Kel. Sidotopo Wetan, Kec.
Kenjeran, Kota Surabaya, yang akan melayani kebutuhan jama’ah dan masyarakat sekitar juga KHIDMAH Grosir yang akan mensuplai jama’ah dan masyarakat yang mempunyai usaha untuk dijual kembali.

Mudah-mudahan usaha koperasi ini bisa berjalan lancar dan sukses, badan usaha Al Khidmah Surabaya akan bangkit seperti harapan kita bersama dan para sesepuh, sesuai harapan dan cita-cita dari Guru Kita, KH. Achmad Asori Al Ishaqi, RA. Aamiin. (agus)