Danpuspenerbal Selaku Direktur Latihan Memimpin Jalannya Apel Gelar Kelengkapan Latihan Operasi Laut Aspek Udara TA. 2024

DERAP.ID|| Sidoarjo,- Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal), Laksda TNl Sisyani Jaffar Selaku Direktur Latihan Memimpin Jalannya Apel Gelar Kelengkapan Latihan Operasi Laut Aspek Udara TA. 2024 yang dihelat di Appron Base Ops Pangkalan Udara TNl AL (Lanudal ) Juanda pada Senin (8/7/2024).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Puspenerbal, Laksma TNl Bayu Alisyahbana, Ir Puspenerbal, Dirrenbang Puspenerbal, Dirops Puspenerbal, Dirpers Puspenerbal, Dirlog Puspenerbal, Danwing Udara 1, Dankolat Penerbal, Danwing Udara 2, Kafasharkan Pesud, Danlanudal Juanda, Katim Penilai Kolonel Toto S dan pejabat terkait lainnya.

Pada Apel Gelar Kelengkapan Latihan Operasi Laut (Latopsla) Aspek Udara TA. 2024 ini, melibatkan Wing Udara 1 (1 NC 212 Casa, 1 Heli BO – 105 Bolkow) beserta Crew, Wing Udara 2 (1 NC 212 Casa, 1 CN – 235, 2 UAV, 1 Heli Bell – 412 dan 1 Heli AS 565 Mbe Phanter) beserta Crew, Lanudal Juanda, 1 SST Yon Taifib 2 Marinir, 1 SST Koarmada 2, 1 SST Crew Pesud dan Deputasi Pamen.

Danpuspenerbal selalu Dirlat mengatakan, penyelenggaraan latihan ini ditujukan untuk mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme prajurit sebagai pengawak SSAT.

Latopsla Aspek Udara ini lanjutnya, merupakan latihan khusus bagi jajaran Puspenerbal, agar mampu secara maksimal mendukung unsur SSAT yang sedang melaksanakan tugas OMP, baik Operasi Laut maupun Operasi Ampibi guna mencegah atau mempertahankan kedaulatan wilayah NKRl dari pihak asing atau musuh.

Latopsla Aspek Udara TA. 2024 kali ini mengusung tema “Puspenerbal melaksanakan Latopsla Aspek Udara di perairan Laut Jawa, wilayah Surabaya dan sekitarnya dalam rangka mendukung tugas TNl AL.

Menurutnya, Latopsla Aspek Udara TA.2024 ini ditujukan untuk mengukur dan menguji kemampuan serta kesiapan satuan-satuan jajaran Puspenerbal dari segi personel maupun alutsista di bidang operasi dukungan pesud sesuai tugas Puspenerbal selaku pembinaan kekuatan Penerbangan TNl AL.

Selain itu juga akan terbentuk dan terjalin koordinasi dan kerja sama antar satuan yang terkait dalam pelaksanaan operasi laut aspek udara.

Danpuspenerbal menekankan agar para peserta latihan melaksanakan Kodal sesuai prosedur dan mekanisme koordinasi yang cepat dan tepat dalam menjalankan skenario yang telah disusun.

“Laksanakan latihan ini dengan penuh semangat sesuai dengan peran masing-masing, bertindaklah layaknya kita dalam situasi yang sebenarnya sesuai skenario yang dilatihkan. Jaga kesehatan, ukur kemampuan diri dan selalu sigap juga waspada selama menjalankan latihan, terapkan safety culture dan tetap mengutamakan 100% safety,” pungkasnya. (@budi_rht DERAP.ID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here