Kejari Kota Madiun Sosialisasi Pendidikan Anti Korupsi di Lingkungan Dinas Pendidikan 

0
46

DERAP.ID II Madiun – Jajaran Kejaksaan Negeri Kota Madiun terus melakukan sosialisasi gerakan anti korupsi di dinas – dinas dan kantor – kantor Instansi dilingkungan Pemerintah Kota Madiun. Salah satunya di Dinas Pendidukan. Pada Kamis ,1 Desember 2022, bertempat di Aula kantor Dinas Pendidikan Kota Madiun, Kasi Intelijen A. Heru Prasetyo,SH, MH beserta jaksa fungsional Hambalianto, SH menjadi narasumber dalam kegiatan Pendidikan Anti Korupsi Bagi Pendidik SD-SMP dihadapan para kepala sekolah SD sebanyak 73 orang dan Kepala Sekolah SMP sebanyak 23 orang.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun guna mewujudkan kota Madiun yang bebas dari praktik korupsi, dengan mulai ditanamkan sejak anak usia sekolah, degan harapan para kepala sekolah itu nantinya dapat mengimplementasikan pendidikan antikorupsi, pengembangan sekolah integritas dengan membiasakan para pelajar untuk bersikap jujur, sederhana, adil dan amanah dalam pengembangan dirinya, baik di lingkungan sekolah, keluarga, serta di masyarakat.

Selain itu Materi yang disampaikan kasi Intelijen juga terkait pencegahan korupsi dilingkungan sekolah antara lain : transparansi anggaran, hindari pungutan yang tidak berdasar, pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di sekolah dan gratifikasi.

Menurut Kasi Intelijen A. Heru Prasetyo SH MH, Dengan pendidikan antikorupsi tersebut, para kepala sekolah dapat menanamkan kepada para siswa/siswi dan “Keteladanan kepala sekolah dan guru dalam hal pendidikan antikorupsi sangat diharapkan, sehingga para siswa/siswinya mencontoh perbuatan baik tersebut dalam membentuk karakternya.

Berbagai upaya telah dilakukan Kejaksaan Negeri Kota Madiun dalam hal Pencegahan Korupsi dan pengenalan Hukum di dunia Pendidikan, melalui kegiatan Jaksa masuk Sekolah yang untuk tahun 2022 telah dilaksanakan sebanyak 26 kali kegiatan, Jaksa masuk Pesantren sebanyak 8 kali kegiatan, dan siaran radio Jaksa Menyapa sebanyak 10 kegiatan baik di RRI maupun dengan Suara Madiun bekerja sama dengan pemerintah Kota Madiun.
Kegiatan berakhir pada pukul 09.30 wib dan kegiatan dilanjutkan dengan narasumber yang lain yang dihadirkan oleh Dinas Pendidikan.( Jhon ).