Dankodikdukum Laksma TNI Budi Raharjo Membuka Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan LIII TA 2023

DERAP.ID|| Surabaya,- Komandan Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Laksma TNI Budi Raharjo membuka Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan LIII TA 2023 sebanyak 149 Siswa dalam rangka melanjutkan Pendidikan Dasar Golongan (Diksargolan) di Kodikdukum Kodiklatal, bertempat di lapangan Apel Kodikdukum Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Selasa, (13/06/2023).

Diktukpa TNI AL Angkatan 53 Tahun 2023 yang berjumlah 149 orang tersebut terdiri dari Pusdiktek 34 Siswa Korps Teknik, Pusdiklek 31 Siswa Korps Elektronika, Pusdikbanmin 32 Siswa Dengan Korps Suplai, Khusus dan Hukum. Sedangkan Pusdikkes 34 Siswa Korps Kesehatan, serta Pusdikpomal 18 Siswa Korps Polisi Militer Angkatan Laut.

Dankodikdukum dalam amanatnya menyampaikan bahwa, setelah kalian melaksanakan pendidikan tahap Dasar Golongan di Puslatdiksarmil, mulai saat ini kalian akan melaksanakan pendididkan Tahap Dasar Golongan Lanjutan di Pusdik-Pusdik Jajaran Kodikdukum, untuk itu Dankodikdukum mengucapkan, “Selamat Datang di Kodikdukum Moro Krembangan.”

“Pendidikan pembentukan Perwira merupakan salah satu proses pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Angkatan Laut, yang merupakan bagian esensial dari pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI AL dimana pendidikan perwira merupakan investasi jangka panjang yang akan menentukan kelangsungan dan kemajuan organisasi TNI AL di masa mendatang,” kata Laksma Budi Raharjo.

Lebih jauh Dankodikdukum mengatakan bahwa guna mewujudkan kekuatan dan kemampuan TNI AL yang profesional modern dan tangguh, maka sangat diperlukan pendidikan dalam membentuk dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai Pengawak Alutsista maupun Organisasi TNI AL. Oleh sebab itu pembangunan SDM menjadi salah satu Prioritas Utama agar seluruh Alusista dan organisasi TNI AL diawaki oleh Pengawak yang Profesional Unggul dan Handal.

Selain itu, Laksma Budi Raharjo berpesan sebagai Calon Perwira kalian juga dituntut mampu menjadi seorang manager yang harus bisa mengatur anak buah dan melaksanakan kebijakan pimpinan. Demikian halnya pada saat ini sebagai Siswa Senior, kalian harus menjadi panutan bagi Para Siswa Strata dibawahnya di Pusdik masing-masing khususnya dan Kodikdukum pada umumnya.

Adapun penekanan Dankodikdukum kepada Para Siswa Diktukpa TNI AL Angkatan 53 diantaranya yaitu “Selalu mentaati dan mematuhi segala peraturan dan tata tertib sebagai siswa yang berlaku di lingkungan Kodikdukum Kodiklatal, memanfaatkan tahap Sargolan ini dengan giat dalam belajar dan berlatih sesuai dengan ilmu dan pengetahuan serta Koprs yang dimiliki, serta menjaga kesehatan dan memelihara ketangguhan mental yang dilandasi sikap disiplin dan tekad membaja, karena perjalanan menuju cita-cita masih panjang dan sarat dengan tantangan yang dinamis dan komplek.(@budi_rht DERAP.ID)