Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla,Mengucapkan Terima Kasih Dan Memberikan Piagam Penghargaan Kepada Nahkoda Kapal MV Golden Ace

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, Secara Langsung Mengucapkan Terima Kasih Dan Memberikan Piagam Penghargaan Kepada Nahkoda Kapal MV Golden Ace

DERAP.ID|| Makasar,- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, secara langsung mengucapkan terima kasih dan memberikan piagam penghargaan kepada nahkoda kapal MV Golden Ace yang turut membantu evakuasi para prajurit Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Hading-538 saat mengalami kebakaran di sekitar Perairan Selayar, bertempat di Mako Lantamal VI Makassar, Sulawesi Selatan.

Nahkoda MV Golden Ace, Captain Johanes, menyampaikan kepada Kasal saat menerima berita keadaan tanda bahaya dari KRI Teluk Hading-538 melalui radio di channel 16. Captain Johannes segera memerintahkan Anak Buah Kapal (ABK) nya menuju titik koordinat yang telah diinformasikan oleh prajurit KRI Teluk Hading-538. Sesampai dilokasi kejadian, Captain Johanes bersama ABK dari MV Golden Ace segera mengevakuasi seluruh prajurit ke MV Golden Ace.

Captain Johanes juga menyampaikan rasa kagumnya kepada prajurit KRI Teluk Hading-538 yang kapalnya saat itu mengalami kebakaran. Semua prajurit terlihat tenang dan tidak panik, sehingga evakuasi berjalan dengan lancar.

Ketenangan dari para Prajurit KRI Teluk Hading-538 tersebut tidak lepas dari latihan yang setiap saat dilakukan oleh para prajurit TNI AL terutama yang bertugas di KRI, saat mengalami bahaya salah satunya saat terjadi kebakaran di kapal. Setiap prajurit sudah mengerti apa yang harus dilakukan, bagaimana cara menanggulanginya dan bagaimana cara menyelamatkan diri.

Didasarinya jiwa Seaman Brotherhood dan tindakan penyelamatan yang dilakukan oleh Captain Johanes terhadap prajurit KRI Teluk Hading-358 tersebut, Kasal memberikan perhargaan berupa Koin penghargaan, Plakat dan Jaket Layar khas TNI AL. Semangat Seaman Brotherhood lainnya ditunjukkan oleh kapal-kapal lainnya yang berada di dekat lokasi kejadian saat itu diantaranya TB Bahtera Zalfa dan MV Green Wave yang juga turut standby untuk memberikan membantu.

Semangat Seaman Brotherhood ini merupakan wujud kerjasama yang baik antar sesama pengguna laut. Hal ini juga ditunjukkan TNI AL bersama 35 Angkatan Laut negara sahabat mulai tanggal 5-8 Juni 2023 melaksanakan kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Makassar yang bertujuan melaksanakan latihan non perang dengan mengedepankan kerja sama bidang maritim, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan angkatan laut negara-negara sahabat.(@budi_rht DERAP.ID)