LSM Garis Pakem Mandiri Pertanyakan Komite SMAN 2 Kota Madiun Diduga Ketuanya Adalah Walikota Madiun 

Ket.Foto : Endar, Ketua LSM Garis Pakem Mandiri Kota Madiun.

DERAP.ID II Madiun. Struktur pengurus Komite Sekolah SMAN 2 kota Madiun dipertanyakan oleh LSM Garis Pakem Mandiri kota Madiun. Disinyalir ada nama Pejabat Pemkot Madiun yang masuk dikepengurusan Komite. Bahkan diduga Pejabat Pemkot Madiun yang dimaksud adalah Maidi yang tak lain adalah Walikota Madiun dan di Komite Sekolah SMAN 2 Kota Madiun tersebut, duduk sebagai Ketua Komite.

Ketua LSM Garis Pakem Mandiri Kota Madiun Endar dalam wawancara dengan media ini mengatakan bahwa pihaknya menemukan kejanggalan / Pelanggaran terhadap Peraturan Permendikbud no. 75 tahun 2016 pasal 4 ayat 3 (a), (b), ( c ),(d),(e),(f),(g) dimana dijelaskan bahwa Anggota Komite Sekolah tidak berasal dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda maupun ketentuan yang ada di Pergub no.8 tahun 2023 tentang Komite Sekolah ,yang dalam kepengurusan Komite Sekolah SMAN 2 kota Madiun tersebut diketuai oleh Maidi yang tak lain adalah Walikota Madiun.

” Kami sudah berkirim surat konfirmasi ke Kepala Sekolah SMAN 2 kota Madiun dua kali yakni pada bulan Pebruari dan bulan Maret terkait kepengurusan Komite Sekolah tapi hingga kini belum ada balasan surat mas “, Kata Ketua LSM Garis Pakem Mandiri kota Madiun Endar kepada Media ini. Ditambahkan oleh Endar bahwa ketentuan tentang keanggotaan dan pengurus komite sekolah sudah diatur dalam Pergub no. 8 tahun 2023 diantaranya bahwa anggota komite sekolah tidak dapat berasal dari unsur pendidik dan tenaga kependidikan dari sekolah yang bersangkutan penyelenggara sekolah, Pemerintah Desa, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD dan atau Pejabat Pemerintah / Pemerintah Daerah yang membidangi Pendidikan.

Menurut Endar pihaknya akan tetap mempertanyakan hal tersebut,yang menurutnya bahwa Walikota tidak boleh merangkap menjadi Ketua Komite Sekolah,dan jika dipaksakan berarti ya melanggar Permendikbud no.75 tahun 2016 dan Pergub no. 8 tahun 2023 tentang Komite Sekolah.

Sementara itu Media ini yang mencoba mendatangi sekolah SMAN 2 kota Madiun pada Rabu, 29 Maret 2023 untuk Konfirmasi terkait hal tersebut,tidak bertemu dengan Kepala Sekolah. Setelah media ini mencoba mengkonfirmasi via pesan WhatShaap ke nomor hp Kepala Sekolah SMAN 2 kota Madiun Pramujo, dijawab masih mengikuti Bimtek diluar kota dan saat media ini mengkonfirmasi atau mengklarifikasi lebih lanjut apakah benar Ketua Komite Sekolah SMAN 2 kota Madiun adalah Maidi Walikota Madiun, Pramujo tidak membalas atau tidak menjawab hingga berita ini ditayangkan.     (Jhon).