Apel Pengamanan Pilkades Madiun, Sinergitas Bupati,Kapolres & Dandim Cegah Omicron dan Potensi Konflik

0
84
Foto: Bupati Madiun, Kapolres dan Dandim saat meninjau kesiapan pasukan pengamanan.

DERAP.ID II Madiun  –  Pada minggu pagi,19 Desember 2021 bertempat di Mapolres Madiun, digelar Apel Pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Madiun yang pelaksanaannya bakal digelar pada Senin,20 Desember 2021. Apel Pengamanan Pilkades tersebut langsung dipimpin oleh Kapolres Madiun , Bupati Madiun dan Dandim Madiun. Sinergitas dari ketiga unsur Forkopimda tersebut diharapkan mampu mengawal pelaksanaan Pilkades di 143 Desa di Kabupaten Madiun dan di 1092 TPS yang ada di 15 Kecamatan di Kabupaten Madiun dapat berlangsung dengan aman,tertib dan terkendali.

Bupati Madiun H Ahmad Dawami Ragil Saputro dalam sambutannya mengatakan bahwa ada dua hal utama yang diantisipasi dalam pelaksanaan Pilkades serentak di 143 Desa di Kabupaten Madiun. Yang pertama menurutnya adalah pelaksanaan pengetatan penerapan Protokol Kesehatan atau Prokes, yang dalam hal ini untuk mengantisipasi potensi Varian Omicron yang diketahui telah masuk ke Indonesia. Potensi percepatan penularan dari varian Omicron yang diketahui tiga kali lebih cepat penularannya dibanding varian Delta ini menjadi hal penting yang akan diantisipasi dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Madiun pada 20 Desember 2021 .

Masih menurut Bupati Madiun Ahmad Dawami bahwa hal kedua yang akan dilakukan adalah mengantisipasi potensi terjadinya konflik yang terjadi baik di TPS maupun Desa. Tindakan preventif dan humanis menurutnya menjadi hal penting yang diharapkan dapat dilakukan oleh seluruh petugas keamanan dengan merangkul tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat dalam melaksanakan tugas pengamanan di gelaran Pilkades Serentak 20 Desember 2021. Bupati mengibaratkan untuk tidak membendung banjir dihilir saja , tetapi juga penting untuk membendung banjir di Hulu. Artinya antisipasi pencegahan potensi konflik tak hanya dilakukan di bawah, tapi juga penting dilakukan mulai dari atas.

Kapolres Madiun AKBP Yuri Leonard Siahaan , SIK mengatakan bahwa dari sisi personel yang bakal diterjunkan di Pilkades Kabupaten Madiun pada Senin,20 Desember 2021 selain menerjunkan personil anggota dari jajaran Polres Madiun sejumlah 950 anggota, pihaknya juga dibantu BKO dari Polres Ngawi 30 anggota, BKO dari Polres Magetan 30 anggota , BKO dari Polres Ponorogo 30 anggota , BKO dari Brimob 30 anggota dan juga dibantu 30 anggota dari Kodim Madiun. Mereka akan ditempatkan di Tiga Zona wilayah yaitu zona 1 , zona 2 dan zona 3 . Mereka yang nanti akan merapat ke TPS jika terjadi sesuatu , tapi Kapolres berharap jangan sampai terjadi sesuatu . Saat ini ( minggu,19 Desember 2021 ) seluruh anggota telah siap di masing masing TPS di 143 Desa yang melaksanakan Pilkades. Para anggota yang bertugas mengamankan Pilkades tersebut akan bertugas sampai 21 Desember 2021 nanti. Kapolres Madiun AKBP Yuri Leonard Siahaan , SIK berharap pelaksanaan Pilkades serentak tersebut dapat berjalan dengan aman,tertib dan kondusif. Selain itu, Kapolres Madiun AKBP Yuri Leonard Siahaan,SIK juga berharap seluruh Calon Kades dapat berkompetisi secara Fair dan harus siap menang tanpa Euvoria yang berlebihan serta siap kalah dengan mengedepankan jika tak setuju atas Hasil Pilkades tidak melakukan hal hal yang melanggar hukum yang bisa merugikan diri sendiri atau orang lain, tetapi jika merasa tidak setuju atas Hasil Pilkades tersebut dapat menempuh jalur hukum yang telah ada. Menurutnya bahwa dalam sebuah kompetisi itu pasti ada yang kalah dan ada yang menang . ( Jhon ) .