Polresta Banyumas Gelar Apel Pengecekan Kesiapan Personel Pengamanan TPS

DERAP.ID || Banyumas – Polresta Banyumas Polda Jateng menggelar Apel Pembekalan dan Pengecekan Kesiapan Personel Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Operasi Mantap Brata Candi 2024 Polresta Banyumas, Kamis (8/2/24).

Bertempat di lapangan Apel Polresta Banyumas, kegiatan ini dimpimpin langsung oleh Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu SIK, MH, bersama Dandim 0701/Bms Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama,S.T.M,Han, dan dihadiri oleh PJU Polresta Banyumas, Kapolsek Jajaran, anggota yang tersprin dalam pengamanan TPS dan POH (Power Of Hand).

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu SIK, MH, dalam arahanya mengatakan, kegiatan apel kali ini dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan dan pengecekan personel PAM TPS menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

“Pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, kita akan melaksanakan pengamanan Pemilu 2024 yang terbagi dalam 5.587 TPS dan tersebar di 27 Kecamatan Se Kab. Banyumas”, kata Kapolresta.

Kapolresta menjelaskan, dalam pengamanan tersebut pihaknya melibatkan 698 personil Polri, terdiri dari 574 personil Polresta Banyumas dan 124 BKO Polda Jateng. Sedangkan untuk pergeseran pasukan akan dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2024 (H-1 menjelang Pemilu 2024).

“Teknis pengamanan TPS Pemilu 2024

adalah 2 (dua) personil Polri yang akan mengamankan 16 TPS dengan menggunakan buddy system”, ungkapnya.

Kapolresta meminta kepada seluruh personil yang terlibat pengamanan TPS, setelah kegiatan apel untuk menyaksikan simulasi pengaman pemungutan suara di TPS agar memahami cara bertindak sesuai prosedur yang telah ditentukan.

“Setelah Apel ini akan dilanjutkan kegiatan simulasi pemilihan dan pemungutan suara, sehingga kita menjadi paham dan tahu tentang apa yang menjadi tugas dan kewajiban kita selama pelaksanaan pengamanan pemungutan suara dalam Pemilu 2024”, ungkap Kapolresta.

Diakhir arahanya, Kapolresta mengimbau kepada seluruh personel untuk melaksanakan semua tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Menurutnya, setiap tahapan demi tahapan pemilu telah dilaksanakan dengan baik. Harapanya pengamanan proses pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar hingga akhir.

“Tahapan pemungutan suara tinggal beberapa hari lagi, oleh karena itu mari kita tetap fokus sehingga pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman lancar tanpa kurang suatu apapun”, pungkas Kapolresta. (Widhi/PID Presisi Humas Polresta Banyumas)