Calon Pengganti Panglima TNI Asli Putra Madiun Laksamana TNI Yudo Margono

0
331

DERAP.ID|| Jakarta ,- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki pasca pensiun pada bulan November 2021 Tahun ini.

Salah satu jenderal bintang empat yang digadang-gadang layak menggantikan Hadi Tjahjanto adalah Kepada Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono

Nama Yudo Margono memang pantas dan wajar kemudian mengemuka sebagai calon Panglima TNI.

Bagi Yudo Margono yang menjadi KASAL sudah mencatatkan prestasi yang membuatnya pantas menjadi Panglima TNI.

“Beliau sudah menjabat KASAL Pada Mei 2020, Yudo Margono resmi menjabat sebagai KASAL menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Yudo sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Juga sudah melewati berbagai macam situasi dan berhasil melakukan perubahan yang cukup progresif di tubuh TNI AL,. Seperti diberitakan Kantor Berita DERAP.ID, Jumat 4/6/2021

“Khusus untuk Laksamana TNI  Yudo Margono, jabatan KASAL Namun, seiring naiknya Yudo Margono menjadi KASAL, peluang Yudo sebagai Panglima TNI kini juga besar.

Apalagi, berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, jabatan panglima TNI bisa atau dapat dijabat secara bergantian oleh perwira tinggi militer dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Saat ini, Panglima TNI, yaitu Marsekal Hadi Tjahjanto, berasal dari matra TNI Angkatan Udara.

Jika melihat urutan, jabatan panglima TNI sebelumnya dijabat Jenderal (Purnawirawan) Gatot Noermantyo yang berasal dari matra TNI Angkatan Darat.

Jika merujuk pergantian berdasarkan giliran, maka jabatan panglima TNI berikutnya berasal dari matra TNI AL.
Meski begitu, soal siapa saja Calon Panglima TNI selanjutnya. Pasalnya, calon Panglima TNI hanya bisa diajukan oleh Presiden Republik Indonesis Joko Widodo, dan itu hak prerogatif Kepala Negara.

“Akan tetapi semua kembali ke Presiden yang memiliki penilaian yang berbeda,” (@Budi Surabaya’71/ DERAP.ID)