Desa Tiru Lor Kediri Prioritaskan Bidang Pertanian Sebagai Program Ketahanan Pangan 

Ket Foto : Kaserin Kepala Desa Tiru Lor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri

DERAP.ID || Kediri – Kaserin Kapala Desa Tiru Lor Kecamatan Gurah Kediri dalam program kerjanya lebih mengedepankan bidang pertanian untuk meningkatkan taraf hidup warganya, karena sebagian besar profesi yang digeluti warga tiru lor sebagai petani. Program itu di wujudkan dalam bentuk pembangunan jaringan irigasi tersier yang dananya di dapatkan dari dana desa. “Bidang pertanian merupakan program ketahanan pangan yang menjadi prioritas program kerja saya saat menjabat sebagai kepala desa pada 2019 yang lalu sampai saat ini Mas, ujarnya.” Hal itu diungkapkan saat wartawan derap nasional berkunjung ke rumahnya.

Pria yang menjadi ketua salah satu kelompok tani yg ada di desa tiru lor ini juga mengatakan, bahwa ada lima kelompok tani yang ada didesa tiru lor ini, dan kelima kelompok tani ini sudah berbadan hukum semuanya. Ia juga sering mengupayakan bantuan, baik berupa alat prasarana maupun keuangan yang di butuhkan oleh semua kelompok tani tersebut. Bahkan ia mengungkapkan bahwa semua kelompok tani tersebut sudah pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten kediri yang berupa bibit tanaman padi atau jagung, pupuk, hewan ternak maupun traktor.

Pria yang pernah menjadi Kepala Dusun (kasun) ini juga mengatakan bahwa tanaman pertanian yang di tanam juga tidak selalu monoton pada satu jenis tanaman saja. Ia mengungkapkan bahwa setiap satu tahun dapat menanam 2 sampai 3 kali tanaman yang berbeda, seperti padi, lombok dan jagung.
Walaupun begitu ia juga tidak melupakan program kerja yang lainnya seperti pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa yang kesemuannya tersebut sudah terdapat pada petunjuk teknis ( juknis ) pada penggunaan dana yang diperoleh dari pemerintah pusat melalui APBN lewat Dana Desa (DD) maupun APBD melalui Alokasi Dana Desa (ADD.) ia juga berharap di tahun depan, semua perangkat dibawahnya selalu dapat bersinergi dengan lebih baik lagi dalam meningkatkan pelayanan kepada semua warganya agar kondusifitas dapat tercapai. ( agung )