Latihan Gabungan Trilateral Maritime Patrol Port Visit Indomalphi 2023 Yang Dilaksanakan Di Tarakan Kalimantan Utara

DERAP.ID|| Tarakan,- Latihan Gabungan Trilateral Maritime Patrol Port Visit Indomalphi 2023 Yang Dilaksanakan Di Tarakan Kalimantan Utara sukses diselenggarakan oleh Lantamal XIII, Kerjasama 3 (tiga) negara antara Indonesia-Malaysia-Philipine (Indomalphi) ini merupakan upaya kerjasama dalam menjaga stabilitas keamanan Laut perbatasan yang rawan terjadinya tindak kejahatan dan pelanggaran hukum melalui patrol bersama 3 negara tersebut. pada Hari Kamis (19/10/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 16 s.d. 19 Oktober 2023 ini melibatkan Unsur Koarmada II yaitu KRI Singa-651 yang menjadi guide atau memimpin Kapal-kapal Tentera Laut Diraja Malaysia yang menerjunkan 2 (dua) Kapal perangnya yaitu KD Badik 113 dan KD Paus 3507, Setelah sandar dan disambut oleh Prajurit Lantamal XIII di Dermaga TNI AL Mamburungan.

Kemudian dilaksanakan serangkaian kegiatan diantaranya adalah fun game atau olahraga bersama TNI AL dengan TLDM di Mako lantamal XIII, CC (Courtesy Call) ke Walikota Tarakan serta Ke Lantamal XIII, Gala Dinner di KD Badik, Tour City yang mengunjungi 2 tempat yaitu Rumah Adat Tidung dan MCC (Maritime Command Centre), serta ditutup dengan pelaksanaan Saylor night yang menjadi malam keakrabpan TNI AL, TLDM yang turut dihadiri juga oleh Delegasi Filipina.

Di hari terakhir Latihan gabungan Trilateral Maritime Patrol Port Visit Indomalphi 2023 dilepas dari dermaga TNI AL Mamburungan yang merupakan puncak pelaksanaan kerjasama 3 (tiga) negara yaitu Indonesia-Malaysia-Philipine (Indomalphi) dengan pelaksanaan Sea Phase latihan patroli bersama guna meningkatkan koordinasi dalam pengamanan perairan perbatasan.

Di kesempatan yang berbeda, Komandan Lantamal XIII mengungkapkan bahwa dengan melihat kembali awal kerjasama dibangun, akan terasa betapa pentingnya Trilateral Cooperative Arangement Indomalphi ini di implementasikan.

Trilateral Maritime Patrol dan Trilaeral Air Patrol yang dilaksanakan pada Area Maritime Invest (AMI) selama ini telah membuahkan hasil semakin membaik sesuai yang diharapkan. Namun dengan hal tersebut, jangan sampai membuat lengah untuk terus mengamankan jalur pelayaran yang menjadi perhatian bersama ini.

Komitmen bersama ini harus terus dilanjutkan dengan berbagai kegiatan lain yang dapat meningkatkan kualitas kerjasama dan koordinasi yang telah terbangun selama ini. Saya yakin dengan kerja sama yang baik, tindak kejahatan di laut khususnya di wilayah laut perbatasan akan bisa digagalkan, sehingga masyarakat-masyarakat Indonesia dapat merasakan kesejahteraan dan rasa aman dari segala bentuk kejahatan yang timbul melalui jalur laut.

Selain itu, di sisi lain saya juga selalu memerintahkan kepada prajurit-prajurit saya agar terus mengasah kemampuan dan malaksanakan pengamanan di wilayah perairan Kalimantan, khususnya Kalimantan Utara sampai dengan Kalimantan Timur dari segala tindak kejahatan yang ada.
(@budi_rht DERAP.ID)