KRI Sultan Iskandar Muda (SIM-367) Melaksanakan Passing Exercise (Passex) Untuk Melepas Keberangkatan 3 kapal Angkatan Laut Russia

DERAP.ID|| Usai pelaksanaan Development of Military Cooperation Refill of Stock di Surabaya, KRI Sultan Iskandar Muda (SIM-367) dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Nurulloh Zemy Prasetyo, M.Sc., melaksanakan Passing Exercise (Passex) untuk melepas keberangkatan 3 kapal Angkatan Laut Russia yaitu Admiral Panteleev, Varyag dan Pechenga bertempat di Perairan Laut Jawa.Pada Hari Sabtu Kemarin (17/6/2023).

Diawali dengan pertemuan antara kedua kapal perang pada titik yang disepakati, selanjutnya KRI SIM-367 melaksanakan Comms check dan Rendezvouz yang dilanjutkan Flaghoist yang berjalan dengan baik dimana KRI SIM-367 dan Rusia Navy berhasil membaca isyarat berita.

Selanjutnya dilaksanakan Tactical Manuevering yang dibagi dalam 3 bentuk formasi, dengan simbol PCG, GRK, SVN untuk sebutan kapal Russia. Sesi pertama membentuk formasi garis miring posisi baringan 135º, dilanjutkan formasi kedua GRK, SVN, dimana KRI SIM-367 harus bermanuver sampai posisi relatif baringan 270º membentuk satu baris lurus, dan sesi terakhir membentuk formasi semua unit bermanuver di belakang kapal russia PCG yang menjadi unit pertama dengan jarak 1000 yard.

Pada akhir Latihan Passex antara TNI AL bersama Russia Navy ini dengan melaksanakan Farewell Pass, Komandan KRI SIM-367 memberikan Farewell speech kepada Russia Navy, dan Russia Navy melanjutkan perjalanan kembali menuju pangkalannya.(@budi_rht DERAP.ID)