Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 Di Hadiri Oleh Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E,M.M.M,Tr,Opsla, Berjabatan Tangan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra.

DERAP.ID|| Jakarta,- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang digelar di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra turut menghadiri upacara tersebut bersama Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto dan Irjen Kemhan Letjen TNI Budi Prijono. Wamenhan M. Herindra dalam kesempatan tersebut tampak mengenakan pakaian khas adat Rote dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini juga dilaksanakan secara serentak pada pukul 08.00 WIB di seluruh wilayah Republik Indonesia dan kantor perwakilan Republik Indonesia. Pada peringatan tersebut, Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara, menyampaikan amanatnya bahwa di tengah krisis yang melanda dunia, Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik, inflasi terkendali, serta investasi mengalami pertumbuhan dan lapangan kerja bertambah.“Ini adalah sumbangsih seluruh anak bangsa berkat persatuan, berkat kerja keras dan gotong royong. Bangsa ini berhasil menghadapi tantangan dan semakin dipercaya dunia. Semua itu fondasinya adalah ideologi Pancasila yang diwariskan Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno,” ungkap Presiden RI Joko Widodo.

Ideologi Pancasila menurut Presiden Jokowi, membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia. Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia tapi juga sangat relevan untuk dunia.

“Toleransi, persatuan dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk menolak ekstremisme, politisasi identitas, politisasi agama. Selamat Hari Lahir Pancasila. Salam Pancasila. Merdeka,” ujar Presiden.

Turut hadir dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E,M.M.M,Tr,Opsla, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri beserta seluruh anggota Dewan Pengarah BPIP, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-11 Boediono. Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, Ketua Mahkamah Agung RI, Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Ketua Komisi Yudisial RI, Ketua BPK RI, dan Para Menteri Kabinat Indonesia Maju, Duta Besar Negara Sahabat, Kepala BPIP beserta seluruh jajaran. (@budi_rht DERAP.ID)