Kasal Menghadiri Penganugerahan Satyalancana Santi Dharma Dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, Kepada Para Prajurit TNI AL

DERAP. ID|| Jakarta-, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Port Visit Mesir 2024 tiba di tanah air setelah melaksanakan misi kemanusiaan pendistribusian bantuan kemanusiaan untuk korban konflik di Gaza dengan rute Jakarta – Belawan – Al Arish – Jeddah – Batam dan kembali lagi ke Jakarta.

Kedatangan Satgas ini disambut oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,SE,M.M.M,Tr,Opsla, serta sejumlah pejabat tinggi di lingkungan Kementrian Pertahanan RI, Mabes TNI, dan Mabes TNI AL. Kedatangan Satgas ini disambut dengan Upacara yang dilaksanakan di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Jumat Kemarin (15/03/2024).Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan Penganugerahan Satyalancana Santi Dharma Dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, Kepada Para Prajurit TNI AL yang ikut serta dalam satuan tugas tersebut. Selama melaksanakan lebih dari 50 hari pelayaran, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 telah membawa sebanyak 242,6 ton bantuan kemanusiaan dari masyarakat Indonesia.

Satgas Port Visit Mesir 2024 dipimpin oleh Komandan Satgas Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji dan selaku Komandan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 Kolonel Laut
(P) Bayu Dwi Wicaksono.

Pengumpulan bantuan kemanusiaan telah dilaksanakan sejak awal bulan November 2023 lalu, dan terpusat di Komando Armada II (Koarmada II) Surabaya serta Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta.

Adapun bantuan kemanusiaan berupa bahan logistik yang dibutuhkan para korban konflik di Gaza tersebut dikirimkan ke El-Arish Mesir dan diserahkan kepada Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir) yang diterima oleh perwakilan ERC Ahmed Buhaeri Ali di Pelabuhan El Arish, untuk selanjutnya didistribusikan kepada korban konflik Gaza.

Dalam amanatnya, Panglima TNI menyampaikan bahwa misi ini merupakan implementasi dari tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu dengan memberikan pelayanan pengobatan dan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk anak-anak dan warga Gaza.

Panglima TNI juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi karena menuntaskan tugas operasi setelah menempuh jarak 10983 Nm sehingga dapat membantu korban terdampak konflik di Gaza.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personil operasi muhibah tahun anggaran 2024 atas dedikasi dan pengabdian yang ditunjukkan dalam mengemban tugas negara”, ujar Panglima TNI.                   (@budi_rht DERAP. ID)