Dukungan Logistik Sangat Berperan Penting Dalam Mendukung Pelayaran KRI Bima Suci

DERAP.ID|| Algeria,- Dukungan logistik sangat berperan penting dalam mendukung pelayaran KRI Bima Suci, terlebih saat ini sedang melaksanakan misi pelayaran muhibah diplomasi dan duta bangsa Kartika Jala Krida 2023 menuju Algeria.

Seperti salah satu semboyan yang menyebutkan bahwa “Logistik tidak dapat memenangkan peperangan, namun pertempuran tanpa logistik tidak akan dapat dimenangkan. “Hal tersebut itulah yang menjadi dasar mengapa logistik merupakan salah satu hal yang penting dalam mendukung setiap penugasan prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL).

Meski ombak setinggi 2,5 – 3 meter mengiringi pelayaran KRI Bima Suci saat melintasi Laut Tirenia pada Jumat 26/05/2023 menuju Algeria. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat prajurit KRI Bima Suci khususnya departemen logistik untuk menjalankan tugas pokoknya yakni menyediakan dukungan makan prajurit Jalasena selama pelayarannya walaupun sesekali di guncang ombak.

Seperti yang dilakukan prajurit KRI Bima Suci di bagian logistik yang setiap harinya bertugas untuk mendukung kebutuhan logistik para prajurit yakni berupa makan secara rutin tiga kali sehari serta snack. Dukungan yang diberikan dimotori oleh Kepala Departemen Logistik (Kadeplog) KRI Bima Suci Kapten Laut (S) Mico Prama ini merupakan suatu tugas utama personel logistik untuk selalu siap mendukung kebutuhan setiap prajurit KRI Bima Suci khususnya mendapatkan asupan makanan maupun asupan tambahan yang layak bagi para prajurit dan taruna yang on board selama melaksanakan pelayaran misi muhibah diplomasi dan duta bangsa Kartika Jala Krida 2023.

KRI Bima Suci menjalankan misi muhibah diplomasi dan duta bangsa selama 214 hari atau sekitar 7 bulan dengan mengarungi sepertiga belahan bumi dengan menempuh jarak 25.869 NM. KRI Bima Suci akan mengikuti beberapa event Internasional seperti L’Armada (Prancis), Tall Ship Race (Belanda, Inggris, Norwegia dan Skotlandia) serta Hense Sail di Jerman.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, berpesan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk terus menjaga profesionalitas sehingga kesiapan operasional harus terus terpelihara.(@budi_rht DERAP.ID)