Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla,Memberikan Apresiasi Yang Sangat Tinggi Kepada Prajurit Jalasena Menuntaskan Misi Pelayaran Duta Bangsa Dan Lattek Kartika Jala Krida 2023

DERAP.ID|| Surabaya,- Kapal layar latih kebanggaan TNI Angkatan Laut (TNI AL) KRI Bima Suci tiba di Dermaga Madura, Koarmada II, Ujung Surabaya, Setelah Menuntaskan Misi Pelayaran Duta Bangsa dan Lattek Kartika Jala Krida (KJK) 2023 dengan menempuh waktu pelayaran selama 214 hari.

Kedatangan kapal layar ini disambut oleh Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Yayan Sofyan, para pejabat Koarmada II serta para keluarga prajurit KRI Bima Suci dengan penuh kerinduannya, sejak keberangkatan duta diplomasi bangsa yang mengawali pelayarannya pada awal April 2023 lalu.

Dalam sambutannya Pangkoarmada II menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh prajurit Satgas KJK 2023 karena telah menyelesaikan pelayaran selama 7 bulan sebagai duta bangsa Indonesia dalam memperkenalkan kesenian, budaya dan TNI AL serta melatih Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-70 selama onboard.

“Selamat datang di tanah air para patriot Jalasena yang sangat membanggakan. Saya memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya atas pencapaian dan pengorbanan yang sangat tinggi yang telah diberikan para prajurit dan keluarga. Jiwa saya bergetar melihat kedatangan gagahnya KRI Bima Suci kembali ke tanah air. Rasa bangga atas loyalitas dan pengabdian para prajurit sehingga misi pelayaran dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya kendala berarti”, ujar Laksda TNI Yayan Sofyan.

KRI Bima Suci telah berlayar dengan jarak tempuh 25.869 NM, beberapa event berskala internasional telah diikuti seperti L’Armada Rouen 2023 di Prancis, Tall Ship Race 2023 dengan rute Belanda, Inggris, Norwegia dan Skotlandia serta Hense Sail Rostock 2023 di Jerman. Kehadiran KRI Bima Suci dengan sajian budaya dan keramahannya berhasil memberikan kesan terbaik di setiap negara-negara yang menjadi tujuan persinggahannya.

Berbagai penghargaan telah diperoleh KRI Bima Suci dalam event internasional saat melaksanakan misinya sebagai duta diplomasi serta Satgas KJK 2023. Total 12 tropi yang berhasil diraih KRI Bima Suci yaitu The Most Spectacular Arrival, Vessel Farthest from Home Port, The Best Crew Parade, dan Runner Up Sport Activity (Den Helder, Belanda), The Most Spectacular Arrival (Hartlepool, Inggris).

Selanjutnya penghargaan The Best Dressed Ship (Fredrikstad, Norwegia), The Farthest Vessel from Homeport, The Tallest Vessel in Tall Ship Race 2023 (Lerwick, Skotlandia), The Most Spectacular Arrival, The best Crew Parade Class A, The First Winner Volly Ball for Tall Ship Crew dan Fourth Place on The Tall Ship Race Of The 34 Vessels (Arendal, Norwegia).

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, Memberikan Apresiasi Yang Sangat Tinggi Kepada Prajurit Jalasena Yang Telah Melaksanakan Misi Pelayaran Duta Bangsa dan Membawa Sejumlah Prestasi Gemilang ke Tanah Air Indonesia, serta menyampaikan untuk terus memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan guna mencapai kejayaan Angkatan Laut “Jalesveva Jayamahe”. (@budi_rht DERAP.ID)