TNI AL Memberangkatkan Prajurit Umat Hindu Dalam Rangka Pelaksanaan Tirtayatra Ibadah Keluar Negeri Dari Bali Menuju Bangkok Dan India

Kadisbintalal Brigadir Jenderal TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief Bersama Danlanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Raka Susila

DERAP.ID|| Dalam rangka meningkatkan nilai Spiritual, sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta membulatkan komitmen agar memiliki motivasi yang kuat dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara, TNI AL memberangkatkan prajurit Umat Hindu dalam rangka pelaksanaan Tirtayatra ibadah keluar negeri dari Bali menuju Bangkok dan India, bertempat di Gedung I Gusti Ngurah Rai Lanal Denpasar, Bali.

Kegiatan Tirtayatra merupakan ritual umat Hindu untuk meningkatkan spiritual dan mendekatkan diri dan berserah kepada Tuhan, mengamalkan ajaran-ajaran agama yang berlandaskan filosofi Vasudaiva Khutumbhakam, Tatwa Asi, Tepo Saliro, Saling Asah Asih dan Asuh. Tirtayatra juga merupakan sarana untuk mencapai kesempurnaan bagi umat manusia sehingga mampu mencapai tujuan hidup yaitu “Moksartam Jagadhita Ya Ca Iti Dharma”.

Aspers Kasal dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadisbintalal Brigadir Jenderal TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief mengatakan, Tirtayatra TNI AL juga merupakan upaya konkret untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang mental rohani Hindu, sekaligus menjadi sumber motivasi dan inspirasi prajurit guna berlomba-lomba meningkatkan Sradha dan Bhakti, Prestasi kerja serta kebajikan yang diterapkan dalam kedinasan, keluarga, dan masyarakat, sehingga terwujud keseimbangan Dharma Agama dan Dharma Negara.

Dalam amanat tersebut, Aspers Kasal juga berpesan, agar setiap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, mengikuti segala arahan dari pembimbing, mengikuti segala aturan yang ditetapkan oleh negara yang dituju, menjaga nama baik Indonesia maupun TNI Angkatan Laut dan mengutamakan faktor keselamatan.

Pelepasan Tirtayatra diikuti oleh 17 orang yang terdiri dari masing-masing Kotama/Lantamal yang terpilih. Para peserta ibadah luar negeri Tirtayatra nantinya akan diberangkatkan pada hari Kamis tanggal 27 April sampai dengan kembali ke Tanah Air hari Kamis 4 Mei mendatang.

Hal ini selaras dengan program Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali S.E, M,M.M,Tr,Opsla, Dalam Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul “Perkuat keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan pengabdian yang penuh dengan ketulusan serta rasa keikhlasan hati sebagai Prajurit TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara di laut.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ida Rsi Bujangga Waisnawa Putra Sarasri Satya Jyoti, Ny. Yayu Sandy M. Latief, Danlanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Raka Susila beserta Ny. Santy Dewa Raka Susila, Sekdisbintalal Kolonel Laut (KH) Riduan, Kasubdis Bintrajuang Kolonel Laut (KH) Abdurrohman, Kasubdis Binideologi Kolonel Laut (KH) Iwan Hariwanto, Ibu Tri dan Ibu Dewi dari Travel Khrisna Tour and Travel, undangan serta para peserta Tirtayatra Rohani Hindu.(@budi_rht DERAP.ID)