Perwira TNI Angkatan Laut Kembali Mengharumkan Kancah Internasional

DERAP.ID|| Thailand,- Perwira TNI Angkatan Laut Kembali mengharumkan kancah Internasional dengan mendapatkan penghargaan dari acara Internasional di Thailand. Kali ini penghargaan diberikan dalam ajang Hari Perempuan Internasional atau International Woman’s Day (IWD) 2023 yang diselenggarakan United Peace Keepers Federal Council (UNPKFC) di Bangkok, Thailand.

Adapun Perwira TNI AL yang mendapatkan penghargaan dalam kegiatan tersebut adalah Letkol Marinir Arief Rahman Hakim, Kapuskodal Marinir, Letkol Laut (P) Ario Sasongko, S.E., M.P.M., M.M., Kasilahta Puskodal TNI AL dan DR (C) Nani Kusmiyati SPd MM CTMP, Kepala Subbagian Multilateral Biro Operasi, Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Lemhannas. Adapun Perwira TNI AD diwakili oleh Letkol Iman Firmansyah, Staf Divisi Kerjasama ASEAN Pusat Kerjasama Internasional TNI.

Perwakilan Perwira TNI AL yang hadir dalam kesempatan tersebut, Letkol Nani Kusmiyati menyatakan, momentum IWD 2023 dirasakan sangat tepat dalam hal menyuarakan kesetaraan gender (gender equality) sebagai konsep yang dikembangkan dalam menghadapi perkembangan zaman sesuai dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB dan Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan.

Melalui keterangan resminya, Dr Aphinita Chaichana, Global President UNPKFC di Thailand menyampaikan bahwa “putra putri Indonesia selalu mendapatkan tempat dalam hati penyelenggara acara di Thailand yakni sebagai bangsa yang memiliki sumber daya manusia berkualitas,” kata Dr Aphinita.

Termasuk dalam ajang IWD 2023 di Bangkok, Thailand, UNPKFC berperan aktif menjunjung tinggi martabat perempuan sebagai pemimpin dunia dari kaum hawa yang sejajar peranannya dengan kaum adam.

“Tahun 2023 ini adalah momentum hari istimewa untuk mengakui bahwa semua perempuan yang bertugas dan bekerja atas nama pemerintah atau nonpemerintah berada dalam kesetaraan gender, di bidang ekonomi, budaya, perdamaian, pertahanan, keamanan, dan kemanusiaan,” pungkas Dr Aphinita.(@budi_rht DERAP.ID)