Koarmada III Kerahkan Unsur Udara Dan Laut Untuk Mencari KM Vivie Rae II Yang Mengalami Mati Mesin Di Perairan Arafura

DERAP.ID|| Merauke,- Koarmada III Kerahkan Unsur Udara dan Laut untuk mencari KM Vivie Rae II yang mengalami mati mesin di perairan Arafura, dimana pada awalnya Koarmada III menerima laporan tersebut dari Pangkalan TNI Angkatan Laut/ Lantamal XI Merauke yang meneruskan informasi dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Merau.

Setelah menerima informasi tersebut Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi, M. Han, langsung memerintahkan Pesawat Udara/ Pesud Patmar TNI Angkatan Laut CN 235-220 MPA P-8304 dan Kapal Perang, untuk bergabung dengan Tim SAR Gabungan sebagai upaya mencari kapal yang sedang mengalami kerusakan mesin.

Hasil pencarian yang dilaksanakan Pesud Patmar TNI Angkatan Laut CN 235-220 MPA P-8304, dengan Pilot Kapten Laut (P) Triyoga Sakti I dan Co Pilot Lettu Laut (P/W) Catur Arum Nuryani, S.Tr.Han., akhirnya dapat menemukan KM Vivie Rae II dengan posisi terapung di Perairan Laut Arafuru, dari komunikasi antar pesawat dengan kapal tersebut  dapat diketahui  ABK kapal sebanyak 6 (enam) orang WNA dalam keadaan sehat, kebutuhan makanan yang ada di kapal masih mencukupi dan kapal tersebut  mengalami kerusakan dan menunggu evakuasi.

Kronolgis kejadian bermula saat KM Vivie Rae II bergerak dari Marshall Island pada tanggal 26 Februari 2023 menuju Sorong, dan  pada tanggal 02 Maret 2023 mengalami kerusakan mesin, selanjutnya Kapten kapal segera menghubungi Kantor perwakilannya yang berada di Bali untuk memintakan bantuan guna penarikan kapal KM Vivierae II tersebut.
,
Adapun Tim SAR Gabungan yang terlibat dalam pencarian dan penyelamat kapal tersebut adalah Basarnas Merauke, Lantamal XI Merauke, Kementerian Perikanan dan Kelautan Merauke, Polairud Merauke. Distrik Navigasi Merauke, dan SROP Merauke  serta . Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPPKL) Merauke.(@budi_rht DERAP.ID)