Guskamla Koarmada I Telah Kerahkan KRI Dan Pesawat Udara Dalam Pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2020

0
299

DERAP.ID   ||   Belawan  –  Selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 seluruh unsur KRI dan Pesawat Udara dibawah kendali operasi Gugus keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I tetap disiagakan untuk menjamin dan mempertahankan situasi tetap kondusif, keamanan laut dan dapat terkendali di seluruh wilayah kerja Koarmada I.

Momentum ini kerap dimanfaatkan oleh sebagian pihak untuk melakukan tindakan yang kurang menguntungkan yaitu kekerasan dan gangguan keamanan di laut terhadap para pengguna laut serta aktivitas illegal di laut seperti penyelundupan yang merugikan negara yang berpotensi.

Mengantisipasi hal tersebut, Komandan Guskamla Koarmada I secara periodik meyakinkan dan menjamin tingkat kesiagaan jajaran dibawahnya dalam melaksanakan Ops Kamla. Danguskamla Koarmada I Laksmana Pertama TNI Yayan Sofiyan, S.T. Secara periodik, terus berkomunikasi langsung, pengamatan dengan menggunakan Pesawat Patmar P8304 dan melaksanakan update situasi dan informasi daerah operasi, sehingga pengendalian bisa dilaksanakan secara optimal.

Adapun dalam menyambut tahun baru 2020, Komandan Guskamla Koarmada I memimpin pelaksanaan doa dan dzikir bersama dalam menyongsong pergantian tahun di Masjid Guskamla I. Jadi Kita bekerja sama dengan Polda Kepri mengunjungi sejumlah tempat Peribadatan dan personel TNI-Polri yang sedang bertugas serta mengecek kesiagaan Pusat Komando dan Pengendali (Puskodal) Guskamla Koarmada I.

Selain menyampaikan Danguskamla Koarmada I juga menyampaikan arahan yang harus dipedomani dalam pelaksanaan operasi kepada seluruh Komandan KRI agar tetap siap siaga mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi serta memerintahkan untuk mempertahankan profesionalisme dan menjaga semangat serta mental prajurit.(Budi R)