TNI Angkatan Laut (TNI AL) Mengirimkan Tiga Unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dari jajaran Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I Dalam Langkawi International Maritime And Aerospace (LIMA) Exhibition Tahun 2023

DERAP.ID|| Malaysia,- TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengirimkan tiga unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dari jajaran Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada I dalam Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) Exhibition tahun 2023, bertempat di perairan Porto Malai, Langkawi, Malaysia, pekan ini.

Tiga Kapal Perang TNI AL yang dikerahkan antara lain KRI Kerambit-627 dikomandani Letkol Laut (P) Priyanto Widodo, KRI Halasan-630 dikomandani Letkol Laut (P) Irwin Kurniady dan KRI Golok-688 dikomandani Letkol Laut (P) Putu Agus Hariyanto.

Keikutsertaan ketiga KRI di LIMA Exhibition ini sebagai wadah untuk mempererat hubungan bilateral dengan Malaysia dan sekaligus menjalin hubungan multilateral dengan negara-negara sahabat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Hal ini sesuai dengan salah satu tugas TNI Angkatan Laut yaitu melaksanakan tugas diplomasi dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah.

LIMA Exhibition merupakan acara dua tahunan, pada tahun 2023 ini adalah edisi ke-16, yang diselenggarakan mulai tanggal 23 sampai dengan 27 Mei 2023 di Malaysia. Kegiatan ini merupakan salah satu pameran maritim dan kedirgantaraan terbesar di Asia-Pasifik.

“Kegiatan Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2023 merupakan salah satu bentuk kegiatan Show of Force dan Gun Boat Diplomacy, dengan menampilkan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsita) yang mampu diproduksi di dalam Negeri karya anak bangsa”, ungkap Dansatgas LIMA 2023 Letkol Laut (P) Priyanto Widodo.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M,M.M,Tr,Oplsa, yang hadir dalam Upacara Pembukaan Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) Exhibition menyampaikan dengan keikutsertaan ketiga Kapal Perang TNI AL buatan dalam negeri sebagai promosi alutsista karya anak bangsa dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Selain itu dalam penyelenggaraan LIMA ini juga digelar pertemuan bilateral antara pimpinan Angkatan Laut, dalam kesempatan ini Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M,M.M,Tr,Opsla, juga membicarakan tentang event internasional TNI Angkatan Laut yaitu 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang akan diselenggarakan pada bulan Juni mendatang, di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) merupakan latihan non-perang yang mengutamakan kerja sama maritim di kawasan dengan tujuan membangun pondasi yang kuat guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan Angkatan Laut negara-negara sahabat, selain itu juga merupakan salah satu program TNI AL dalam memperkuat hubungan internasional dan tugas diplomasi”, ungkap Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M,M.M,Tr,Opsla.(@budi_rht DERAP.ID)