Pencegahan Dini Bahaya Narkoba, Jaksa dan Granat Masuk Sekolah Di SMP 12 Madiun

DERAP.ID II Madiun – Sejumlah Jaksa dari Kejaksaan Negeri Kota Madiun dan Lembaga Anti Narkoba DPC Granat Kota Madiun mendatangi sekolah SMP Negeri 12 Kota Madiun pada Senin,21 November 2022. Mereka datang dalam rangka Sosialisasi Tentang Kenakalan Remaja dan sosialisasi tentang bahaya Narkoba khususnya di kalangan remaja terutama siswa siswi pelajar.

Dalam acara tersebut, team kejaksaan negeri kota Madiun dihadapan ratusan siswa siswi SMPN 12 Kota Madiun memberikan paparan sosialisasi tentang potensi kenakalan remaja yang terjadi dan sering melibatkan siswa siswi hingga tak jarang berdampak pada pelanggaran hukum atau tindak pidana dan tak pelak anak harus berhadapan dengan Hukum. Diacara tersebut team kejaksaan juga menyampaikan sosialisasi tentang undang undang perlindungan anak dan undang undang tentang penyalahgunaan Narkotika serta pentingnya pencegahan dini terkait pelanggaran norma norma etika,moralitas dan tindak pidana anak serta edukasi bahaya Narkoba di kalangan remaja dan pelajar.

Pemateri dari Kejaksaan juga menyampaikan contoh contoh peristiwa pidana yang sering ditangani oleh Jaksa terutama yang melibatkan anak dibawah umur sehingga dengan sosialisasi tersebut anak anak atau pelajar diharapkan dapat menghindari segala bentuk tindak pidana , perilaku menyimpang dan melanggar hukum. Edukasi tentang kenakalan remaja sejak dini dinilai penting dan perlu dilakukan terus agar anak anak dan pelajar memiliki pengetahuan yang cukup tentang hal hal yang bisa merusak kehidupan dan mengganggu cita cita dan masa depan mereka.

Sementara itu team dari DPC Granat kota Madiun yang menjadi salah satu nara sumber adalah Muhammad Achwan, S.H.,M.Hum. dosen di universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo. Dalam pemaparannya Muhammad Achwan SH M Hum mengatakan bahwa salah satu dari bentuk kenakalan remaja adalah penyalahgunaan narkoba oleh para remaja dan pelajar, yang memiliki dampak besar terhadap kualitas hidup generasi muda. Sehingga seluruh elemen bangsa wajib berperan dalam pemberantasan perdagangan gelap narkoba dan menjadikan narkoba sebagai musuh bangsa. Dalam kesempatan tersebut Achwan juga mengatakan bahwa ` rokok adalah pintu narkotika ` . ( Jhon ).