Kapuskes TNI Dr. Budiman, Sp.BP-RE(K), MARS., M.H. Membuka Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan

0
475

DERAP.ID|| Cilangkap ,- Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Dr. Budiman, Sp.BP-RE(K), MARS., M.H. membuka Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan (Rakorniskes) TNI dengan tema “Dengan Berlandaskan Semangat Soliditas, Loyalitas dan Profesionalisme, Kesehatan TNI Siap Mendukung Penanggulangan Pandemi Covid-19 Menuju Kondisi Endemi Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Tercapainya Reformasi Struktural“, yang dilaksanakan secara tatap muka maupun virtual, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Rabu (13/4/2022).

Kapuskes TNI menyampaikan bahwa munculnya Covid-19 tidak bisa lepas dari adanya Modernisasi dan Globalisasi yang terjadi sejak tahun 90-an. Dimana kedua hal ini memicu terjadinya peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat membawa dampak positif maupun negatif. “Salah satu dampak negatif adalah munculnya Covid-19 sebagai suatu penyakit baru (new emerging disease) yang sebenarnya sudah diprediksi sejak tahun 2017,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapuskes TNI mengatakan, dalam mencegah dan menangkal adanya potensi ancaman tersebut, TNI perlu mengembangkan satuan-satuan Kesehatan Nubika dan Siber dengan dilengkapi peralatan-peralatan yang canggih untuk menghadapi adanya potensi-potensi ancaman tersebut diatas. “Diharapkan TNI, khususnya kesehatan TNI selalu solid, loyal dan profesional dalam melaksanakan tugasnya,” katanya.

Pada Rakorniskes TNI ini juga dihadirkan sebagai Keynote Speaker yaitu Menteri Kesehatan RI Budi Gunawan Sadikin dengan materi (Update dan Prediksi Covid-19), dan Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp.THT-KL(K), M.A.R.S materi (Peran Rumah Sakit TNI-Polri Kedepan Sebagai Salah Satu Bagian Dari Subsistem Kesehatan Nasional Dalam Menghadapi Ancaman Kesehatan Global). Sedangkan narasumber yaitu Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia periode 2015-2022 Prof. Dr. dr. David Perdanakusuma, Sp.BP-RE(K) (Program Hybrid Pendidikan Spesialisasi di RS TNI), Dirkes Ditjen Kuathan Kemhan Marsma TNI dr. Budi Satrio Utomo, Sp.KFR., MARS. (PK BLU VS PNBP di RS TNI) dan Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional dr. Tono Rustiano, M.M. (Rencana Penerapan Kebijakan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) Bagaimana dengan RS TNI).(@Budi Rht DERAP.ID)