Kadispenal Laksamana Pertama TNI I.M. Wira Hady A.W., M.Tr.Opsla., Saat Menutup Kursus Fotografi Dan Kameramen TA 2023

DERAP.ID|| Jakarta,- “Kemampuan seorang prajurit akan semakin berkembang jika diasah terus dengan permasalahan yang dihadapi dengan munculnya ide-ide kreatif dan inovatif serta jangan takut keluar dari pakem yang ada (out of the box)”.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dispenal (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI I.M. Wira Hady A.W., M.Tr.Opsla., Saat Menutup Kursus Fotografi dan Kameramen TA 2023 yang digelar TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) di ruang rapat Nusantara Sagoro 2 Dispenal.

Tujuan terselenggaranya kursus ini untuk memberikan bekal pengetahuan dan wawasan kepada peserta kursus dihadapkan pada tuntutan tugas TNI AL tentang kameramen dan fotografi, sehingga personel yang berdinas di lingkungan penerangan TNI AL sudah mempunyai kapasitas, keahlian, dan kemampuan sebagai kameramen dan fotografer sehingga mampu menghasilkan produk yang menarik dan dapat menciptakan image positif bagi TNI AL.

“Para peserta harus memahami bahwa peperangan yang kita hadapi sekarang ini lebih kepada perang informasi dan kita menjadi ujung tombak dari peperangan tersebut, bisa kita lihat bersama bahwa hebatnya dampak dari medsos yang begitu masif dan dampaknya yang sangat luar biasa. Oleh karena itu para peserta harus dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung tugas TNI Angkatan Laut”, ujar Kadispenal.

Lebih lanjut, Kadispenal menyampaikan dengan berakhirnya kursus ini para peserta dapat menjadikan ilmu maupun materi yang didapatkan sebagai bekal dalam menghadapi tantangan yang semakin berat dan kompleks. Para peserta kursus diharapkan telah mengusai dan dapat menghasilkan produk foto dan video yang memiliki nilai seni dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

Adapun materi yang telah diberikan kepada para peserta meliputi Sinematografi dan Script Writing, Dasar Jurnalistik dan Penulisan, Etika Peliputan, Konsep Dasar Kamera Video, Pengenalan Foto/Video Jurnalistik, Pengenalan Alat Bawah Air, Pengenalan Drone, Editing Photoshop, Pengenalan Alat, Kamera dan Video, Layout Desain Majalah dan Pengenalan Video.

Hal ini sejalan dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, dimana TNI AL fokus untuk meningkatkan kesiapan operasional baik alutsista, satuan operasi, diikuti dengan kemampuan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menjawab tugas-tugas yang bersifat multi dimensi.(@budi_rht DERAP.ID)