Askomlek Kasal Laksamana Muda TNI Dono Herbowo, S.T., M.Tr.(Han)., CHRMP., Secara Resmi Membuka Pelatihan Teknis Interoperability Jaring Komunikasi Radio TA 2023

DERAP.ID|| Jakarta Utara,-Askomlek Kasal Laksamana Muda TNI Dono Herbowo, S.T., M.Tr.(Han)., CHRMP., Secara Resmi Membuka Pelatihan Teknis Interoperability Jaring Komunikasi Radio TA 2023 yang diikuti peserta dari personel KRI Jajaran Kolinlamil, Kamis (12/10/2023) di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara.

Dalam amanatnya saat membuka kegiatan tersebut, Askomlek Kasal menjelaskan bahwa Pelatihan Teknis Interoperability Jaring Komunikasi Radio ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel dalam mengoperasikan dan mengintegrasikan berbagai ragam sistem, tipe maupun merek alat komunikasi radio untuk dijadikan sebuah kesatuan sistem untuk dapat melaksanakan pertukaran berita maupun data dan informasi.

Seperti diketahui bersama, lanjut Askomlek Kasal, perkembangan alat komunikasi radio baik radio VHF, UHF maupun HF yang tergelar di Jajaran TNI Angkatan Laut terdiri dari berbagai merek dan tipe. Hal tersebut tidak menjadi hambatan dalam menginteroperabilitas semua Alkom tersebut untuk dapat saling berkomunikasi, mengingat interoperabilitas bukanlah berarti penentuan atau penyamaan penggunaan platform perangkat keras, atau perangkat lunak seperti operating system tertentu, bukan pula berarti penentuan atau penyeragaman data base yang akan dipergunakan dalam penyimpanan data dan juga bukan berarti penentuan atau penyeragaman penggunaan bahasa pemrograman dalam pengembangan sistem informasi.

“Interoperabilitas harus dapat dicapai dalam keragaman penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak dan tidak kalah penting adalah kemampuan operator dari peralatan itu sendiri,” jelas Askomek Kasal.

TNI Angkatan Laut sudah dapat mengatasi kendala di atas dengan mengadakan berbagai alat komunikasi seperti Intellegence Interconect (ICU 1000). “Alat ini sudah beroperasi namun perlu adanya sosialisasi dan harus dipelajari sehingga perlu adanya sumber daya manusia yang dapat mengoperasikan alat tersebut,” tutur Askomlek Kasal.

Di akhir amanatnya Askomlek Kasal berharap agar para peserta pelatihan melaksanakan kegiatan ini sebaik-baiknya sehingga ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi organisasi dan diri pribadi masing-masing.

“Perkembangan alat komunikasi berkembang sangat pesat dan dibutuhkan antisipasi yang tepat oleh para personel pengawak Alkom terutama di Satuan Operasi sehingga perlu semangat, dedikasi dan kreativitas dari para peserta pelatihan ini,” pungkas Askomlek Kasal.

Upacara pembukaan Pelatihan Teknis Interoperability Jaring Komunikasi Radio TA 2023 ini ditandai dengan penyematan tanda peserta pelatihan serta dihadiri oleh Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H., Para Pejabat Utama Kolinlamil, para undangan, panitia dan peserta pelatihan. (@budi_rht DERAP.ID)