Pangkalan Angkatan Laut Bangka Belitung Berhasil Menyelamatkan Anak Buah Kapal Yang Mengalami Kecelakaan Di Laut

DERAP.ID|| Bangka Belitung,- TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung (Babel) berhasil menyelamatkan Anak Buah Kapal (ABK) yang mengalami kecelakaan laut yaitu tenggelamnya Kapal Isap Produksi (KIP) 11 di sekitar Perairan Cupat (Teluk Kelabat), Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung.

KIP-11 Milik PT. Timah Tbk ini diduga mengalami kelebihan muatan sehingga menyebabkan kapal terbalik dan perlahan tenggelam. Selain itu, cuaca buruk juga diduga menjadi faktor penyebab tenggelamnya kapal tersebut.

Menurut informasi yang didapat dari salah satu ABK, sebelum kejadian terbalik dan tenggelamnya KIP-11, kapal dalam posisi miring ke kanan di kedalaman laut sekitar 5 meter. Hal tersebut karena kelebihan muatan di bagian kanan kapal tersebut. Pada saat diketahui KIP miring kemudian seluruh ABK standby untuk mengantisipasi jika semakin bertambah tidak bisa dikendalikan dan menimbulkan kerugian lebih besar..

Ditambah kondisi cuaca yang cukup buruk, kapal semakin miring ke kanan sehingga kapal terbalik dan tenggelam dengan cepat. Seluruh ABK segera menyelamatkan diri dengan peralatan seadanya yang dapat mengapung dan selanjutnya meloncat ke laut.

Mendengar kejadian tersebut, Lanal Babel segera mengirimkan Patkamla Menumbing beserta Speed Boat Patroli PT. Timah bergerak menuju lokasi kejadian. Personel Patkamla Menumbing milik Lanal Babel akhirnya berhasil mengevakuasi seluruh ABK berjumlah 18 personel dalam keadaan selamat dan para ABK selanjutnya dilaksanakan pengecekan kesehatan dan penanganan medis untuk mengetahui kondisi para korban, dan dikembalikan ke Kantor UPLB PT. Timah Belinyu.

Keberhasilan TNI AL dalam menyelamatkan ABK sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,(Opsla), kepada seluruh jajaran TNI AL untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan merespon cepat terhadap informasi yang diterima.(@budi_rht DERAP.ID)