Bangun Semangat Generasi Muda, TNI AL Promosikan Kemaritiman Pada Paskibraka Nasional 2023

DERAP.ID|| Jakarta,- Sebagai upaya memupuk jiwa nasionalisme, patriotisme, dan kepemimpinan, TNI AL menggelar Kampanye Werving Kepada Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2023 yang dipimpin oleh Asisten Personel (Aspers) Kasal Laksda TNI P. Rahmad Wahyudi, bertempat di atas KRI Banda Aceh-593, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Senin (21/08/2023). Sejumlah 76 personel Paskibraka Nasional dari 38 provinsi di seluruh Indonesia hadir di atas kapal jenis LPD milik TNI AL ini.

“Kalian harus mampu memberikan energi positif bagi generasi muda lainnya serta masyarakat. Tumbuhkembangkanlah semangat membangun bangsa, memajukan negeri, membanggakan daerah asal kalian, melalui kontribusi-kontribusi positif di masa depan”, ucap Aspers Kasal dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Waaspers Kasal Laksma TNI Dery Triesananto Suhendi.

Dalam kesempatan ini anggota Paskibraka Nasional menerima pembekalan dari Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Edwin, paparan Ideologi Pancasila Dalam Kehidupan Prajurit TNI AL Guna Menghadapi Tantangan Global oleh Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Kadisbintalal) Brigjen TNI Marinir Sandy Muchjidin Latief, dan Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI AL oleh Kepala Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan Laut (Kalapetal) Kolonel Laut (P) Agus Praptopo B.S.

Selain itu pada Kampanye Werving kepada anggota Paskibraka Nasional ini juga dilaksanakan pengenalan profil TNI Angkatan Laut, pengenalan KRI dengan melaksanakan ship tour. Selanjutnya para Paskibraka disuguhkan parade kelengkapan dan pakaian TNI AL, dimana para prajurit TNI AL menampilkan jenis seragam, hingga peralatan tempur satuan yang digunakan oleh personel TNI AL pada setiap pelaksanaan tugasnya dalam menjaga kedaulatan laut Indonesia.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan para personel Paskibraka Nasional dapat teredukasi serta menambah wawasan bidang kemaritiman dan tentang TNI AL, menerima informasi terkait rekrutmen prajurit TNI AL, serta tentu saja menumbuhkan minat dari generasi muda tersebut untuk bergabung bersama Prajurit Jalasena TNI AL untuk mengawal kedaulatan laut dalam keutuhan NKRI.

Direncanakan Selasa (22/08/2023) Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono akan menerima kunjungan Paskibraka Nasional 2023 di Mabes TNI, Cilangkap.

Pada berbagai kesempatan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,(Opsla), telah menegaskan bahwa salah satu prioritas dalam pembangunan Sumber Daya Manusia adalah pada tahap rekruitmen. “Oleh sebab itu, proses rekrutmen calon prajurit TNI AL yang selektif sesuai standar kompetensi menjadi sebuah syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk mewujudkan kekuatan yang ideal dan berdaya gentar tinggi”, tandas Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,(Opsla). (@budi_rht DERAP.ID)