TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Talkshow Pembinaan Mental Terpadu Pada Tahun 2023 Di Mako Pangkalan TNI AL Denpasar, Bali

DERAP.ID|| Bali,- Pentingnya meningkatkan pemahaman tentang Ideologi Negara serta membentuk Mental yang Kuat dan Komitmen Tinggi bagi Prajurit dan PNS beserta keluarganya, TNI Angkatan Laut (TNI AL) menyelenggarakan Talkshow Pembinaan Mental Terpadu Tahun 2023 di Mako Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, Bali, Senin Tanggal 29/05/2023.

Talkshow dengan tema “Peran Ideologi Pancasila dalam Pembinaan Mental Prajurit/PNS TNI Angkatan Laut dan Keluarga” ini dilaksanakan dengan tujuan utama, untuk meningkatkan pemahaman prajurit TNI AL tentang ideologi negara dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya, serta memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tugas dan tanggung jawab sebagai anggota TNI AL.

“Kegiatan pembinaan mental ideologi juga akan dilaksanakan diskusi, ceramah, dan simulasi situasi yang mendorong prajurit TNI AL untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan reflektif”, ungkap Danlanal Denpasar Kolonel Mar I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo dalam sambutannya pada acara tersebut.

Lebih lanjut pelaksanaan kegiatan talk show ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan tentang ideologi negara dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya, serta memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tugas dan tanggung jawab sebagai prajurit/PNS TNI AL dan keluarga besar TNI AL.

Dalam kesempatan ini peserta mendapatkan materi penting tentang Peran Ideologi Pancasila dari Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AL (Kadisbintalal) Brigjen TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief dan Sekretaris Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya yang dimoderatori oleh Ni Putu Dwi Verayanti Utami.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir delegasi Amerika Serikat David Sunghon Yang dan Ron Pettygrew, keduanya merupakan perwakilan Chaplain Officer US Navy yang akan berpartisipasi pada pelaksanaan Asia Pacific Chaplaincy Symposium (APCS) 2023 diselenggarakan oleh TNI AL di Hotel Anvaya Beach Resort, Bali. Kehadiran Delegasi Amerika Serikat pada acara talk show tersebut selain sebagai kunjungan persahabatan, juga untuk mengetahui bagaimana TNI AL memberikan pemahaman ideologi Pancasila kepada prajurit dan keluarganya.

Selain dilaksanakan secara tatap muka diantaranya oleh Danlanal Denpasar, Palaksa, para perwira Lanal Denpasar, Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II, para prajurit dan PNS Lanal Denpasar beserta keluarganya, kegiatan ini juga diikuti oleh perwakilan para prajurit dan PNS TNI AL diseluruh Indonesia melalui jaringan Video Conference (Vicon).

Pelaksanaan talk show Pembinaan Mental Terpadu Tahun 2023 merupakan salah satu implementasi program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, yaitu membentuk prajurit Jalasena yang berkualitas, modern, tangguh, dan profesional dan mengabdi tulus ikhlas sebagai jalan menuju kejayaan Angkatan Laut “Jalesveva Jayamahe”.(@budi_rht DERAP.ID)