Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Fera Muhammad Ali SE,M.MM,Tr,Opsla Yang Di Dampingi Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P Dalam Rangka Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Kepada Siswa Sejak Dini SD Hang Tuah 6 Plus

DERAP.ID|| Jakarta,- Dalam rangka menanamkan jiwa kewirausahaan kepada siswa sejak dini, SD Hang Tuah 6 Plus melaksanakan Market Day yang di buka secara langsung dengan pemukulan Gong oleh Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Fera Muhammad Ali yang di dampingi Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P , Anggota Pengawas Cabang Jakarta Ny. Neneng HariIndarto, Ketua Pengurus Cabang Jakarta Kol (Purn) Drs. Hadi Sutrisno, M.A.P dan Kasatdik SD Hang Tuah 6 Plus Jakarta.

Projek Kewirausahaan dalam bentuk Market Day sengaja di gelar oleh SD Hang Tuah 6 Plus setelah mendapat peretujuan dari Ketua Pembina dan Ketua Umum Yayasan Hang Tua beberapa hari sebelum pelaksanaan Market Day.

Kepada Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny, Fera Muhammad Ali, Kasatdik SD Hang Tuah 6 Plus Sri Maningsih, S.Pd.I., M.M melaporkan bahwa Penyelenggaraan Market Day salah satu tujuannya adalah untuk mengenalkan kewirausahaan serta macam-macam kegiatan ekonomi yang merupakan bagian dari projek pembelajaran bagi siswa kelas atas pada tema kegiatan ekonomi. Adapun tema dari kegiatan Market Day SD Hang Tuah 6 Jakarta “Dengan Market Day Kita
Kembangkan Semangat Kewirausahaan Berjiwa Bahari”. Dengan mengacu pada tema tersebut, para siswa dan guru dituntut untuk bisa menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan yang mempunyai” Karakter Jiwa Bahari” ungkapnya.

Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Fera Muhammad Ali dalam sambutannya menambahkan apa yang di laporkan oleh Kasatdik, bahwa Market Day yang diselenggarakan ini merupakan implementasi dari Projek Kewirausahaan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila, bahwa makna kewirausahaan yang di maksud adalah dilakukan oleh seorang dalam hal ini siswa yang berani mengambil resiko dengan penuh perhitungan, mampu memanfaatkan peluang, komunikatif, mampu memasarkan dan mampu bernegosiasi.

Tidak cukup dengan pengertian diatas, Market Day yang diselenggarakan kali sengaja dirancang sebagai bentuk variasi pembelajaran yang Fun Learning. Siswa diajak memahami konsep materi dengan pembelajaran praktek secara langsung, yaitu ikut serta aktif dalam terlaksananya Market Day. mereka belajar bukan hanya sekedar teori jual beli dan alat tukar, tetapi mereka langsung belajar menjadi penjual dan bertemu langsung dengan pembeli serta mempraktekkan penggunaan alat tukar sebagai mana mestinya untuk memenuhi kebutuhan.

Ketua Pembina YHT , Ketum YHT , Angwascab Jakarta, Kapeng Cabang Jakarta Kasatdik serta undangan lainnya turut meninjau Market Day sekaligus membeli dari 9 stan yang menjual minuman sehat, jus buah buahan, makanan sehat, puding ,agar agar, makanan ciri khas daerah Palembang empek empek, es cream, aneka pepes Ikan, dimsum, aneka permen, aneka kue kering, alat tulis dan aneka kacang-kacangan.

Peserta Market Day berjumlah 434 merupakan siswa SD Hang Tuah 6 Plus yang juga terlibat dalam Pentas Seni / Pensi Mini dengan menapilkan Drum Band, Tahfizh Quran, Olah raga/senam, Pidato dalam bahasa Inggris, Pramuka, Menyanyi serta kesiapan UKS dengan dokter kecilnya.

Pada saat siswa menyanyi, Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah dan Ketua Umum Yayasan Hang Tuah larut dalam kegembiraan berjoget ria bernyanyi dan menari bersama siswa. Kemudian diakhiri dengan peninjauhan sara dan prasarana sekolah, ruang laboratorium Komputer, ruang kelas,kantin , masjid, seta fasilitas lainnya.

Turut hadir dalam Market Day SD Hang Tuah 6 Plus 2023, Anggota Pembina Bidang Umum Pusat YHT Laksma (Purn) Dr. Ir. Trismadi, M.Si., Ipu, Anggota Pengawas Pusat YHT Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP, Sekertaris Pusat YHT Eka Agustina , A.Md, Kabidbang Pusat YHT Kol (Purn) Zaenal Abidin Irawan, S.H., M.H, Kabiddik Pusat YHT Kol (Purn) Regeng Pramono, S. Kom., M.M,Bendahara Pusat YHT Dra. Erni Megawati, Sie Kebudayaan Pusat YHT Ny. Nita Tunggu Suropati, Para Kasatdik Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah serta dari Sudin Jakarta Utara Kasatlak Sriyono, M.Pd dan Pengawas SD Jakut 2 Insop, M.Si. (@budi_rht DERAP.ID)