PELATIHAN PPHT KELOMPOK TANI “DADI MULYO” TUMPUKAN KARANGDOWO

0
1253

DERAP.ID , KLATEN – Kelompok Tani DADI MULYO Ds.Tumpukan Kec.Karangdowo Klaten yang dipimpin oleh Mbah Refugia, Suwarto SE rutin mengadakan pertemuan untuk membahas dan mengaplikasikan pengetahuan pertanian yang didapat dari mengikuti pelatihan. Pelatihan yang didapat anggota kelompok tani “Dadi Mulyo” ini yaitu pelatihan Penerapan Pengendalian Hama Terpadu / PPHT Tanaman padi 2018 Laboratorium PHPTP Sukoharjo.

Menurut ketua kelompok tani “Dadi Mulyo”, Suwarto SE, tujuan dari pelaksanaan SLPHT ini adalah :

1.Meningkatkan pengetahuan petani tentang pengendalian hama terpadu.

2.Meningkatkan kemauan petani dalam mengendalikan hama secara kelompok.

3.Meningkatkan ketrampilan petani dalam pengendalian hama terpadu.

Dalam pertemuan rutin itu para petani anggota kelompok juga mengadakan penanaman Refugia dan pohon Kelor disepanjang area lahan garapan mereka. Dimana Refugia berfungsi sebagai pengendali hama tanaman yang saat ini sedang gencar dianjurkan untuk ditanam diarea persawahan.

Pada pertemuan itu hadir penyuluh pertanian dari Ditjen TP Kementan. Penyuluh juga memberikan arahan tata cara mengendalikan dan membasmi hama penggerek padi.

Penggerek batang padi putih (PBPP) mengalami proses diapause dalam siklus hidupnya. Penelitian ini membahas fenomena diapause dan bagaimana mengatasi fenomena tersebut.

Diapause pada serangga adalah fenomena yang unik yang biasanya terjadi pada serangga yang hidup di lingkungan yang tidak cocok atau daerah yang mempunyai periode dingin yang relatif panjang. Serangga melakukan adaptasi demikian agar mampu menyelesaikan siklus hidupnya. Faktor-faktor yang mengakibatkan diapause antara lain fotoperiodisme, temperatur, dan kualitas makanan.

Serangga mempunyai waktu diapause yang bervariasi dan bergantung pada spesiesnya. Berdasarkan peristiwa terjadinya diapause dibagi atas diapause obligatif dan diapause fakulkatif. Pada umumnya penggerek batang termasuk kedalam diapause fakulkatif akan tetapi jumlah generasinya bergantung pada lingkungan.

Diapause dapat dihentikan dengan cara didedahkan pada temperatur yang rendah dalam periode waktu tertentu. Perubahan temperatur di sekitar larva dipengaruhi oleh kelembaban. Temperatur adalah faktor utama yang sangat erat kaitannya dengan sala uap air sebagai pengendali panas dengan cara menagkap dan melepaskan.(agus)