Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksda TNI Denih Hendrata Melepas 189 Taruna AAL Tingkat l Angkatan Ke-70 TA.2022

DERAP.ID|| Surabaya,-  Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksda TNI Denih Hendrata melepas 189 Taruna AAL Tingkat l Angkatan ke-70 TA.2022 untuk melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Layar Pra Jalasesya dengan rute pelayaran menuju Lanal Palu dan Lantamal VI Makassar selama 12 hari yang digelar di Indoor Sport Jala Krida Raga, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (21/3).

Tampak hadir Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso, Sekretaris Lembaga (Seklem) AAL Laksma TNI Syamsul Rizal, para Pejabat Utama (PJU) AAL, Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL Ny. Kiki Denih Hendrata serta pengurus Cabang BS Jalasenastri AAL`lainnya.

Menurut Gubernur AAL, tujuan Lattek Pra Jalasesya adalah untuk memperkenalkan secara langsung dasar kematraan, tradisi khas TNI AL dan kehidupan dinas dalam di KRI, menumbuhkembangkan kejuangan jiwa bahari serta membentuk karakter sebagai prajurit matra laut.

Selama melaksanakan Lattek Pra Jalasesya, Taruna Tingkat I akan menggunakan KRI DWR dan KRI SBY-591 dan akan dikenalkan hal-hal yang berhubungan dengan keangkatanlautan, seperti Tradisi Khas TNI AL, data-data teknis serta deskripsi kapal dan jenis peran-peran di KRI, dan organisasi di KRI serta navigasi, persenjataan, permesinan dan sistem penyelamatan di kapal.

Kepada Komandan Latihan beserta staf saya instruksikan agar melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Kendalikan Taruna /Taruna Wanita berikut pelibatannya dalam segenap kegiatan serta adakan koordinasi dengan pihak kapal dan pihak-pihak terkait untuk menjamin terpenuhinya kegiatan sesuai yang direncanakan, tegasnya.

Gubernur menambahkan agar Perwira Kesehatan (Pakes) melengkapi peralatan dan obat-obatan dengan mengantisipasi penyebaran varian baru covid-19.

Sebelum mengakhiri upacara pelepasan Lattek Pra Jalasesya,  Gubernur AAL memberikan reward kepada Taruna Wanita berprestasi Sersan Taruna (P) Azri, yang telah meraih Juara 2 dalam rangka mengikuti pertandingan menembak Pasmar-2 Cup yang telah dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu kemarin, dengan  mengambil materi Presisi Kelas Wanita dengan perolehan nilai 92,00.(@Budi R DERAP.ID)