KASAL; Melaksanakan On Board Di Pesawat Udara United States Navy Di Base Ops Lanudal Juanda

DERAP.ID|| Sidoarjo,- Dalam rangka Subject Matter Expert Exchange (SMEE) dan DV Flight P-8 US Navy dalam bidang operasi maritim, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, Melaksanakan On Board di Pesawat Udara United States Navy (P-8 Poseidon USN) di Base Ops Lanudal Juanda Puspenerbal, Pada Hari Jumat Kemarin (15/12/2023).

Tujuan dari pelaksanaan SMEE tersebut adalah meningkatkan keterampilan, profesionalisme personal, memberi kesempatan terbuka untuk pertukaran ide serta saran yang dapat mengembangkan kerjasama yang lebih besar sekaligus membangun persahabatan antar kedua Angkatan Laut khususnya dibidang operasi maritim.

Pada kesempatan ini, US Navy berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan terkait operasi laut Anti Ship Warfare (ASW) dan Anti Submarine Warfare (ASuW) yang dapat dilaksanakan oleh pesawat P-8A Poseidon Angkatan Laut Amerika Serikat. Selain itu, TNI AL juga diberikan penjelasan terkait ilmu dan pengetahuan kedepan.

Direncanakan kedepannya akan diadakan latihan lapangan yang mana beberapa perwira penerbangan TNI AL akan mengikuti operasi yang akan di gelar di sekitar ALKI II. Perlu diketahui bahwa Pesawat P-8 Poseidon USN sendiri, diawaki OIC/ Capt pilot Lt Kevin Lee Bond, Naval Aviator Lt Mathew Thomas, Naval Aviator Ltjg Tomoothy Brendan Moore dan Naval Flight Officer kLt Major W Henry.

Dalam berbagai kesempatan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk meningkatkan kualitas SDM sebagai prioritas utama dalam mencapai kejayaan Angkatan Laut, Jalesveva Jayamahe. “TNI AL terus memfokuskan diri untuk mencapai kekuatan yang siap dioperasionalkan dalam bentuk kesiagaan dan kesiapan yang tinggi untuk menghadapi tantangan ke depan,” pungkas Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla.(@budi_rht DERAP.ID)