Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, Memimpin Upacara Militer Parade Dan Defile Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Ke-78 Korps Marinir TNI Angkatan Laut Tahun 2023

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, Memimpin Upacara Militer Parade Dan Defile Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Ke-78 Korps Marinir TNI Angkatan Laut (TNI AL) Tahun 2023

DERAP.ID||Jakarta,- Selama 78 tahun pengabdiannya, Korps Marinir selalu berupaya untuk menjadi kekuatan strategis yang handal dan dapat diandalkan oleh negara, menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia serta tegaknya kewibawaan bangsa.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, Memimpin Upacara Militer Parade Dan Defile Dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Korps Marinir TNI Angkatan Laut (TNI AL) Tahun 2023 bertempat di Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2023).

Korps Marinir telah memberi harga mati dan jawaban pasti untuk selalu siap menghadapi setiap pihak yang ingin merongrong kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Upacara Militer yang mengambil tema “Korps Marinir yang Profesional, Tangguh dan Digdaya Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” ini melibatkan sedikitnya 3.500 prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang terbagi menjadi 4 Satuan Setingkat Brigade.

Bertindak sebagai Komandan Upacara dalam kesempatan ini Kolonel Marinir Argo Setiyono yang sehari hari menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri-2 Marinir.

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla
dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Marinir, merupakan momentum untuk terus menjaga nilai-nilai tradisi dan menumbuhkan kebanggaan. Korps Marinir harus memahami bahwa kisah masa lalu tidak dapat menjamin keberhasilan di masa depan.

“Dalam menjaga pertahanan negara dituntut sebuah fleksibilitas, kemampuan adaptasi dan ketangguhan TNI AL. Peperangan masa depan identik dengan kecepatan, presisi dan multidimensional. Dengan kondisi tersebut maka TNI AL akan membangun postur 2025-2044 dengan visi “mewujudkan TNI AL yang modern, menggentarkan dan berproyeksi global”, ungkap Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla.

Korps Marinir sebagai pasukan pendarat amfibi dituntut dapat mengkalkulasi kebutuhan modernisasi alutsista sejalan dengan rencana pembangunan postur TNI AL 2025-2044. “Pimpinan TNI AL akan sangat mendukung rencana Korps Marinir untuk mengakuisisi kendaraan pendarat amfibi, kendaraan taktis tempur, maupun sistem senjata yang lebih modern dan handal untuk menjadi elemen kekuatan Korps Marinir sehingga memiliki kemampuan ship to objective manuver dalam mendukung tugas-tugas TNI AL”, pungkas Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla.

Kegiatan rangkaian HUT Marinir kali ini menampilkan beberapa atraksi keterampilan prajurit antara lain Beladiri Korps Marinir (Chadrick), Memanah Jalasenastri, Kolone Pedang, Rampak Beduk, Drum Band Korps Marinir dan Defile Pasukan dan Material.

Berbagai jenis kendaraan dan material tempur Korps Marinir dilibatkan dalam kegiatan tersebut antara lain Kendaraan Sub Skimer, PWC, ELSV, ATAV, Chamber, Searider, Tank BMP 3F, PT 76, BTR 4, BTR 50, Kapa K 61, LVT 7 A1, BV 2, RM 70 Grad, MLRS Vamoire, MLRS Nourinco, How 105, How 122, Twin Gun, Tatra Amo, Aligator, KIA, Rubican, Ransus, Reo, Liaz, Ranbeng, Ran Durlap, Opleger, Komob, Ambulance, Mobil Patwal, Motor Patwa, Mobil Ranger dan 13 unit Unimog.

Dalam rangka rangkaian memeriahkan HUT ke-78, Korps Marinir sebelumnya telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya Lomba MTQ Korps Marinir, Lomba Volly Jalasenastri, Lomba Band Jalasenastri, Kejurnas Panahan Dankormar Cup, Enduro Competition, Taekwondo Kasal Cup, Lomba Menembak Kasal Cup, Rekor Muri Pengibaran Bendera Terbesar dengan penerjunan, Kejurnas MMA, Bedah Rumah, Donor Darah, Podcast Prajurit berprestasi, Ziarah secara serentak diseluruh jajaran Korps Marinir.(@budi_rht DERAP.ID)