Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma Resmi Menjabat Wakasal

DERAP.ID|| Jakarta Timur,- Dalam rangka Regenerasi Kepemimpinan TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang didasari pada pertimbangan bahwa berputarnya roda sebuah organisasi akan bertumpu pada kekuatan sumber daya manusianya, jabatan Wakil Kepala Staf Angkatan ⁴⁴4t (Wakasal) secara resmi diserahterimakan dari Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono kepada Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma, yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, di Gedung RE. Martadinata, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (31/10/2023) Kemarin.

Sederet jabatan strategis telah dilalui oleh Laksdya TNI Erwin sebelum dirinya menjadi orang nomor dua di jajaran TNI AL. Tercatat, lulusan Akademi TNI Angkatan Laut Angkatan ke-37 tahun 1991 ini pernah menduduki jabatan sebagai Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II di tahun 2018-2019, serta menjabat sebagai Wakil Asisten Perencanaan (Waasrena) Kasal pada tahun 2019-2021.

Pada tahun 2021-2022 Laksdya TNI Erwin menjabat sebagai Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), kemudian menjadi Wadanjen Akademi TNI. Sepanjang tahun 2023 Laksdya TNI Erwin dipercaya menjabat sebagai Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I dan selanjutnya dipromosikan sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. Hingga saat ini Laksdya TNI Erwin resmi menjabat sebagai Wakasal.

Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma ditunjuk menggantikan Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono yang akan memasuki masa Purna Tugas. Keputusan ini berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1223/X/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang ditandatangani Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pada tanggal 26 Oktober 2023.

Dihadapan awak media DERAP.ID
Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla,
menyampaikan bahwa, “Ini adalah hasil dari Penilaian pimpinan TNI, bukan hanya penilaian dari pimpinan TNI Angkatan Laut, namun juga dibawa oleh beliau (Panglima TNI) ke hadapan Bapak Presiden, dan Bapak Presiden menyetujui untuk jabatan Wakasal berikutnya dijabat oleh Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma”.

Lebih lanjut Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, menyampaikan bahwa penunjukan Wakasal berdasarkan dari beberapa background, yaitu pendidikan, penugasan, tour of duty, tour of area yang cukup lengkap dari Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma.

“Sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Laut saya akan mendukung, saya akan melaksanakan, saya akan menjalankan, saya akan melengkapi dan bahkan juga mengamankan semua kebijakan yang ditetapkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, sehingga tugas pokok pelaksanaan pembinaan kekuatan yang dilaksanakan di jajaran TNI Angkatan Laut bisa terpenuhi dan bisa terlaksana dengan baik”, pungkas Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma.(@ budi_rht DERAP.ID)