DenganTerpilihnya Ketua Umum Persatuan Insan Kolintang Nasional Indonesia, Penny Iriana Marsetio,

DERAP.ID|| Jakarta,-DenganTerpilihnya Ketua Umum Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia, Penny Iriana Marsetio, secara aklamasi terpilih kembali memimpin PINKAN Indonesia untuk periode 2023-2028 dalam Kongres Nasional III PINKAN Indonesia yang berlangsung di Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Kongres dengan tema “Semarak PINKAN Indonesia menuju Kolintang Goes to UNESCO” tersebut dihadiri sepuluh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PINKAN yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Sumatera Barat, dan DI Yogyakarta. Kongres juga diikuti oleh utusan dari Ikatan Pelatih Musik Kolintang Jakarta (IPMKJ), Pengrajin dan Pemerhati musik Kolintang.

Sidang pemilihan yang dipimpin oleh Ferdinand Walangare tersebut juga membahas Tata Tertib Kongres, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD / ART) serta Pemilihan Ketua Umum untuk Periode 2023-2028.

Ketua Umum PINKAN Indonesia, Penny Iriana Marsetio. Foto: Indomaritim.com/RR
Kongres Nasional IIII PINKAN Indonesia itu juga dihadiri oleh Ketua Umum Yalasenastri, Vera M. Ali, Dewan Pelindung PINKAN Indonesia, Lies Purnomo Yusgiantoro, Dewan Pembina, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, dan Dewan Penasehat Rahmat Sudibyo serta mantan Ketua Umum PINKAN, Ani Sudibyo.Sehari sebelumnya DPP PINKAN Indonesia menyelenggarakan lomba Kolintang Tingkat Nasional memperebutkan Piala Ibu Negara tahun 2023 di Gedung Graha Jalapuspita Jakarta Pusat (3/10/2023). Katagori lomba meliputi kolintang untuk Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi serta kategori Wanita Dewasa.

Pemenang dalam lomba tersebut berturut-turut juara 1, 3, dan 3 adalah Kategori SD: Stela Maris dari Kota Bitung, Sulut; Santa Clara dari Kota Tomohon Sulut; Bunda Hati Kudus, Jakarta. Kategori SMP adalah SMP 22 Surabaya, Jatim; SMPN 2 Kota Tomohon Sulut, dan SMP Kauditan Treman, Kabupaten Minahasa Utara Sulut. Pemenang Katagori SMA/Mahasiswa adalah Grup Betel Winangun; Grup Gita Dharma Wiyata, dan Grup Santo Mikael, sedangkan pemenang katagori wanita dewasa adalah Grup DWP Pendidikkan Surabaya Jatim; Grup Arieta; Grup Jalagita AL. (@budi_rht DERAP.ID)