Komando Lintas Laut Militer Menggelar Acara Forum Komunikasi Komandan

DERAP.ID|| Jakarta,- Bertempat di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Komando Lintas Laut Militer Menggelar Acara Forum Komunikasi Komandan yang dipimpin oleh Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H dan diikuti oleh Kepala Staf dan Inspektur Kolinlamil, Pejabat Utama dan Kasatker Kolinlamil, para Komandan Satuan dan Komandan KRI serta sejumlah Perwira KRI, Senin (25/9). Acara tersebut berlangsung secara tatap muka dan video conference guna mewadahi keikutsertaan Perwira Kolinlamil pengawak organisasi Satlinlamil 2 di Surabaya, Satlinlamil 3 di Makassar dan unsur KRI yang berada di daerah operasi.

Forum komunikasi Komandan digelar dalam rangka menyamakan persepsi dan information sharing dengan tujuan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja yang menyebabkan timbulnya kerugian personel ataupun materiil khususnya alutsista TNI AL. Dalam kesempatan tersebut, Panglima Kolinlamil menekankan akan pentingnya manajemen kerja yang baik di KRI maupun pendirat di mana setiap individu harus paham akan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dan selalu patuh pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Manajemen resiko harus melekat di benak setiap prajurit yang melaksanakan penugasan.

“Dalam pola pembinaan personel, khususnya senior yunior wajib hukumnya mengedepankan pola asah, asih, asuh. Hindari pembinaan yang mengarah pada kekerasan fisik atau intimidasi karena hasilnya pasti akan kontra produktif. Carilah cara yang dapat membuat prajurit menjadi militan dan kuat namun tidak menggunakan kekerasan fisik. Harus terarah dan terukur.” tegas Panglima Kolinlamil.

Forum yang mewadahi berbagai masukan dan saran demi tercapainya zero accident dimanfaatkan oleh Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Mochammad Riza dengan menyampaikan bahwa medan tugas prajurit TNI AL khususnya pengawak KRI penuh dengan resiko sehingga perlu ditingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan setiap saat. Untuk menghadapi resiko tersebut dibutuhkan kompetensi dan profesionalisme prajurit. Forum Komunikasi Komandan yang diselenggarakan Kolinlamil menjadi salah satu tindak lanjut dari penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, yang tercantum dalam Perintah Harian Kasal yaitu satukan visi, samakan langkah dan persepsi seluruh lapisan di dalam organisasi Angkatan Laut guna mencapai program-program prioritas yang telah ditentukan dan pahami tugas dan tanggung jawab masing-masing bidang serta fokus terhadap penyelesaian tugas sesuai dengan arah kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla.(@budi_rht DERAP.ID)