Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, Melaksanakan Pertemuan Bilateral Dengan Acting Commandant United States Marine Corps

DERAP.ID|| Amerika,- Guna Meningkatkan Kerjasama Dengan Negara Sahabat dan Profesionalitas Prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut (TNI AL), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, Melaksanakan Pertemuan Bilateral Dengan Acting Commandant United States Marine Corps (USMC), General Eric M. Smith bertempat di Ruang Bilateral Meeting, Newport Harbour Island Resort.

Pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh keakraban tersebut, menghasilkan beberapa kesepakatan penting yang akan memberikan manfaat untuk kedua belah pihak kedepannya.

Dalam kesempatan ini, TNI AL dan USMC sepakat untuk membahas peningkatan kerjasama yang fokus pada peningkatan Personnel Capability sebagai pembahasan utama. General Eric M. Smith menyampaikan bahwa USMC akan membuka peluang pendidikan dan latihan dengan Korps Marinir TNI AL.

Lebih lanjut, General Eric M. Smith juga menyampaikan keinginannya untuk dapat meningkatkan hubungan persahabatan antara kedua belah pihak, terutama dalam meningkatkan hubungan antar personel Marinir. Interaksi antar personel yang merupakan generasi muda milenium yang nantinya dapat menjadi peluang bersama dalam meningkatkan kesepahaman dan sikap saling percaya untuk dasar peningkatan kerjasama strategis lainnya di waktu yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, menyampaikan kesediaannya untuk terus meningkatkan hubungan kerjasama profesionalisme antara prajurit marinir, serta mengajak pihak USMC untuk mendukung, membantu pengembangan dan peningkatan profesionalitas yang didasari oleh pengalaman dan wawasan dari USMC pada beberapa penugasan sebelumnya. Menurut Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, berbagi pengalaman praktisi merupakan salah satu faktor penting dalam penyusunan dan pengembangan kemampuan.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr,Opsla, juga mempersilahkan pihak USMC untuk berpartisipasi dalam latihan bersama dengan prajurit Marinir TNI AL, terutama fokus pada materi yang memberi manfaat bagi kedua belah pihak.

Pada kesempatan ini, Kasal berharap dengan terselenggaranya pertemuan bilateral dengan USMC sebagai refleksi komitmen nyata TNI AL dalam menjaga dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerjasama secara profesional antara TNI AL dengan USMC secara berkelanjutan.(@budi_rht DERAP.ID)