Wapres K. H. Ma’ruf Amin Didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin Republik Indonesia Akan Meresmikan Pembukaan Minangkabau Halal Festival Di Universitas Negeri Padang

DERAP.ID|| Sumatra Barat,- Usai mengukuhkan jajaran pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Aceh, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin melanjutkan agenda kunjungan kerja ke Provinsi Sumatra Barat, Kamis (07/09/2023).

Tepat pada pukul 16.45 WIB, Wapres tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatra Barat, disambut oleh Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah, Pangdam 1/Bukit Barisan Mayjen Mochammad Hasan, Kapolda Sumatra Barat Irjen Pol. Suharyono, Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Benny Febri, dan Danlanud Sutan Sjahrir Padang Kolonel Nav Saeful Rakhmat.

Hari berikutnya, Jumat (08/09/2023), Wapres akan meresmikan Pembukaan Minangkabau Halal Festival di Universitas Negeri Padang. Minangkabau Halal Festival merupakan ajang festival produk halal tingkat nasional yang dikemas dengan konsep edukasi dan hiburan, serta disediakan fasilitas pelayanan sertifikasi halal. Terdapat 134 UMKM yang dihadirkan pada ajang festival halal pertama di Sumatra Barat ini, baik berasal dari Sumatra Barat dan luar Sumatra Barat.

Selain itu, Wapres juga akan menghadiri World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 High Level Dialogue bertempat di Pangeran Beach Hotel Padang. WIES 2023 merupakan ajang pertemuan yang dihadiri delegasi 13 negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan non-OKI, terdiri dari pemerintahan, pemangku kebijakan industri halal, perwakilan sektor pariwisata, pengusaha perempuan, dan pengusaha muda.

Rangkaian kegiatan WIES 2023 yang dimulai dari tanggal 6 sampai dengan 9 September 2023 ini merupakan ajang kolaborasi pertama dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumatra Barat, dan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat bersama dengan para pengusaha muslim.

Adapun WIES 2023 terdiri dari pelaksanaan konferensi, tourism and travel mart dan tabletops, Expo UMKM, Modest Fashion Walk, Business Matching Pengusaha dan UMKM, e-Sport Competition, serta Kuliner dan Post Tour di Sumatra Barat. Pada akhir penyelenggaraan pertemuan ini, WIES 2023 juga akan mendeklarasikan terbentuknya World Islamic Entrepreneur Forum.(@budi_rht DERAP.ID).