TNI AL Menggelar Sosialisasi Atau Kampanye Kemaritiman Kepada Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka

DERAP.ID|| Jakarta,- Guna memupuk nasionalisme dan cinta tanah air pada generasi muda, TNI AL menggelar sosialisasi atau kampanye kemaritiman kepada anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional tahun 2023 yang sukses melaksanakan tugas pada upacara HUT ke-78 Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di geladak KRI Banda Aceh-593 yang tengah sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Hadir pada kesempatan tersebut sejumlah pejabat tinggi TNI AL diantaranya adalah Asisten Personel Kasal Laksda TNI P. Rahmad Wahyudi, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H., Kepala Dinas Administrasi Personel Angkatan Laut Laksma TNI Ashari Alamsyah, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksma TNI I.M. Wira Hady A.W., Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut Brigjen TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief., serta para pejabat TNI AL lainnya. Acara yang diinisiasi oleh Staf Personalia TNI AL tersebut bertujuan untuk menjaring minat generasi muda potensial untuk bergabung menjadi prajurit TNI AL melalui jalur pendidikan di Akademi Angkatan Laut.

Dalam acara sosialisasi tersebut, Panglima Kolinlamil berkesempatan memberikan pembekalan kepada Paskibraka Nasional 2023 yang berjumlah 78 personel dari 38 provinsi di seluruh Indonesia. Panglima Kolinlamil mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Kondisi geografis Indonesia yang berupa kepulauan dan berbatasan langsung dengan sejumlah negara mengakibatkan banyaknya ancaman dan tantangan.

Luas wilayah Indonesia yang 2/3 adalah perairan, oleh karena itu dalam menjaga kedaulatan negara Indonesia di laut utamanya menjadi tanggung jawab dari TNI Angkatan Laut yang dimana penegakan kedaulatan di wilayah perbatasan harus terus ditingkatkan. Apabila para Paskibraka bergabung menjadi bagian TNI Angkatan Laut, tentunya akan menjadi bagian yang berperan dalam menegakkan hukum di laut.

“Dengan dedikasi dan pengalaman selama mengikuti penggemblengan sebagai tim Paskibraka Nasional, niscaya adik-adik bisa menjadi calon Jalasena-jalasena yang tangguh di atas gelombang samudera karena prajurit atau pribadi yang tangguh tidak terlahir dari gelombang yang tenang.” ujar Panglima Kolinlamil

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali,S.E,M.M.M,Tr, Opsla, dalam suatu kesempatan menyampaikan bahwa generasi muda saat merupakan generasi-generasi yang akan menjadi penerus pemimpin bangsa yang banyak berkiprah pada masa dekade Indonesia emas pada tahun 2045 nantinya. Keberhasilan mereka di masa depan, ditentukan oleh kiprah mereka saat ini.(@budi_rht DERAP.ID)