Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Puspenerbal Menggunakan Pesawat Udara (Pesud) NC212-200 Aviocar Operasi Pada Malam Hari

DERAP.ID|| Sidoarjo,- Setelah melaksanakan pengintaian, Pasukan Khusus Intai Tempur Amfibi (Taifib) segera melaksanakan operasi khusus dengan Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Puspenerbal menggunakan Pesawat Udara (Pesud) NC212-200 Aviocar pada tadi malam.

Hal tersebut dikatakan Komandan Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda, Kolonel Laut (P) Ma’atif saat mengecek Pesud NC212-200 Aviocar di shelter Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda, Senin (31/7/2023).

Menurut Danwing Udara 2, operasi yang dilaksanakan adalah melaksanakan penerjunan Free Fall dari ketinggian 8000 feet diatas permukaan tanah menuju drop zone (DZ) di lereng Gunung Baluran, tepatnya Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Sebanyak 15 pasukan khusus Taifib keluar dari perut Pesud NC212-200 Aviocar melaksanakan Free Fall sebagai taktik infiltrasi melalui udara yang cepat, tepat, dan senyap.

Setelah mendarat di DZ, Pasukan Taifib segera melumpuhkan sasaran dan Pesud NC212 Aviocar kembali ke pangkalan guna melaksanakan misi selanjutnya.

Skenario diatas merupakan rangkaian Latihan Gabungan TNI yang menggabungkan tiga matra dalam satu operasi besar.

NC212 Aviocar yang dioperasikan Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Puspenerbal ini lanjut Ma’arif, merupakan Skuadron yang juga mampu untuk melaksanalan operasi infiltrasi pasukan melalui udara.

Sebagai skuadron transport taktis, Skuadron yang memiliki julukan “Turangga” ini juga mampu melaksanakan operasi lainnya seperti dropping logistik, peluncuran ranjau laut, air landed, dan juga operasi evakuasi medis udara serta berbagai operasi lainnya.(@budi_rht DERAP.ID)