Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah Penyambutan Upacara Kedatangan KRI – I Gusti Ngurah Rai-332

DERAP.ID|| Surabaya,- Setelah sukses mengikuti Latihan Bersama (Latma) ASEAN India Maritime Exercise (AIMEX) di Singapura dan ASEAN Multilateral Naval Exercise (AMNEX) di Filipina, KRI I Gusti Ngurah Rai-332 kembali ke tanah air. Upacara penyambutan kedatangan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dipimpin langsung oleh Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah, bertempat di Geladak Helly KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR)-332 Koarmada II. Surabaya. Rabu (24/05/2023).

Latma ASEAN India Maritime Exercise (AIMEX) merupakan latihan yang pertama kali dilaksanakan oleh ASEAN dengan India, dari tanggal 2 s.d. 8 Mei 2023 di Singapura. Sedangkan, ASEAN Multilateral Naval Exercise (AMNEX) merupakan latihan kedua, yang dilaksanakan tanggal 9 s.d. 16 Mei 2023 di Manila Filipina.

Latma AIMEX diikuti oleh 11 negara, 8 Kapal, 5 pesud/heli dan 3 observer diantaranya Singapura, Myanmar, Thailand, Filipina, Kamboja, Malaysia, Vietnam, Brunei Darussalam, Laos, dan India. Untuk Latma AMNEX diikuti oleh 9 negara, 10 kapal, 2 heli dan 4 observer.

Melalui sambutannya, Pangkoarmada II menyampaikan bahwa keikutsertaan TNI Angkatan Laut dalam Latma AIMEX dan AMNEX merupakan bentuk pengakuan dunia terhadap kemampuan dan eksistensi TNI AL.

Selain itu, Pangkoarmada II berharap yang diperoleh selama melaksanakan operasi, dapat menambah wawasan, pengalaman, dan meningkatkan profesionalisme, serta dapat dijadikan bekal guna menghadapi tugas-tugas lain di masa yang akan datang.(@budi_rht DERAP.ID)