Siswa Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 69 Melaksanakan Kegiatan Pelatihan Dan Praktek (Lattek) Di Laboratorium Induk Kimia Dan Material (LABINKIMAT) Dislitbangal

DERAP.ID,|| Sebagai bekal dalam hal pengetahuan dan keterampilan mengenai mekanik dan bahan bakar, Para siswa Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 69 melaksanakan kegiatan pelatihan dan praktek (Lattek) di Laboratorium Induk Kimia dan Material (LABINKIMAT) Dislitbangal. Pelaksanaan Lattek berlangsung selama 7 Hari Mulai Tanggal 30 Maret 2023– 6 April 2023, dan Diikuti sebanyak 22 Siswa Taruna.

Kegiatan diawali dengan pembekalan yang disampaikan oleh Letkol Laut (T) Bambang S Suwardi, S.T., M.Tr. Hanla. Selaku Palakdik dan didampingi oleh Letkol Laut (T) Adiyus Kurniazain, S.T., M.Pd. selaku pendamping dari AAL. Kegiatan dilajutkan dengan orientasi di seluruh laboratorium yang ada di labinkimat. Pelaksanaan lattek dilakukan pada lab uji material serta lab bahan bakar dan minyak pelumas (BBMP).

Para siswa lattek dikenalkan dengan berbagai alat pengujian dan bagaimana cara kerjanya. Pada lab uji material dilakukan pengujian kekerasan ferno dan non ferno, komparasi tekanan, uji impak, serta uji tarik (Tensile Test). Kegiatan dilanjutkan pada laboratorium BBMP, selanjutnya para siswa dibekali ilmu pengujian sampel bahan bakar dan pelumas dengan uji berat jenis, viskositas kinematik, destilasi, warna, kadar air sedimen, flash point, total acid number (TAN), dan total base number (TBN).

Dengan diselenggarakannya kegiatan lattek ini sebagai langkah nyata labinkimat untuk ikut serta mencetak Prajurit Matra Laut yang Unggul, Professional, dan berpengetahuan luas. Sebab, untuk kedepannya Para Siswa Akadem Angkatan Laut (AAL) setelah dilantik nantinya akan dihadapkan Tugas menjadi Perwira Korps Teknik yang siap menghadapi perkembangan Dinamika dan Teknologi.(@budi_rht DERAP.ID)