Bersama Ditjen Pothan Kemhan RI Gelar Sosialisasi Komponen Cadangan Bersama TNI AL, Lantamal V

DERAP.ID|| Surabaya,- TNI AL dalam hal ini Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama TNI Supardi bersama Sekretaris Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Ses Ditjen Pothan Kemhan RI) Laksamana Pertama TNI Sri Yanto menggelar sosialisasi UU No. 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara. Yang bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Lantamal V Jalan Laksda M. Nazir No. 56 Perak Surabaya.

Dalam sosialisasi UU No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara tersebut diaktualisasikan dalam bentuk sosialisasi Komponen Cadangan (Komcad) oleh Tim Ditjen Pothan Kemhan RI di Wilayah Lantamal V yang akan dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 10 dan 11 Januari 2023 di Gedung Serbaguna Lantamal V dengan peserta TNI, Keluarga besar TNI dan unsur Pemerintah Daerah , sedangkan pada tanggal 12 Januari 2023 dilaksanakan di Gedung Graha Samudera Ganesha Universitas Hangtuah Surabaya dengan peserta unsur Akademisi.“Komponen cadangan dibentuk dengan tujuan untuk memperkuat dan memperbesar kemampuan dan kekuatan TNI sebagai Komponen utama, dalam upaya penyelenggaraan pertahanan Negara untuk menjaga dan melindungi kedaulatan Negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman yang dilaksanakan berdasarkan kebijaksanaan Presiden. ” Ungkap Komandan Lantamal V dalam sambutannya.

Sosialisasi UU No. 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara tersebut juga diikuti oleh Lanal di Jajaran Lantamal V mulai dari Lanal Tegal sampai dengan Lanal Denpasar melalui Video Conference (Vicon) dengan Paparan yang pertama disampaikan oleh Ses Ditjen Pothan Kemhan RI Laksamana Pertama TNI Sri Yanto dan Paparan yang kedua disampaikan oleh Kasubdit Rendia Ditsumdahan Ditjen Pothan Kemhan RI Kolonel Arm Rudi Setiawan dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab baik dengan peserta yang hadir secara langsung maupun peserta yang hadir melalui Video Conference (Vicon).Dalam paparanya Ses Ditjen Pothan menyampaikan bahwa perekrutan Komponen Cadangan (Komcad) tahun 2023 ini dimulai dari bulan Januari sampai dengan bulan April yaitu tahap pendaftaran, pada bulan Mei dilaksanakan tahap seleksi sedangkan Pendidikan dan Pelatihan dasar Militeran komponen cadangan dilaksanakan selama tiga bulan, mulai bulan Juni sampai dengan bulan Agustus 2023.

Hadir dalam Sosialisasi tersebut Asisten Potensi Maritim Danlantamal V Kolonel Laut (P) Eko Hariyanto beserta Staf, Asisten Personel Danlantamal V Kolonel Marinir Jumino, Para Danlanal Jajaran Lantamal V, Perwakilan Pejabat TNI AL Wilayah Surabaya dan Tim Sosialisasi Ditjen Pothan Kemhan RI.(@budi_rht DERAP.ID/PenHan)