Kapolda, Forkopimda Jatim Dan Seluruh Elemen Pemilu, Gelar FGD Dan Deklarasi Pemilu Damai 2019

0
666
Foto : Forkopimda Jatim berserta seluruh elemen terkait pemilu

DERAP.ID | Surabaya – Guna menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) khususnya di Jawa Timur Kapolda bersama Forkopimda Jatim dan seluruh stakeholder yang terkait pelaksanaan pemilu menggelar acara Forum Groub Discussion (FGD) dan Deklarasi Damai Pemilu 2019 digelung Mahameru Polda Jatim. Kamis (27/09/18)

Kapolda Jatim Irjen Pol. Drs, Luki Hermawan, MSi dalam sambutannya ketika membuka acara mengatakan kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut dari deklarasi yang diselenggarakan KPU Propinsi Jatim sebelumnya.

Lebih lanjut Luki menjelaskan kegiatan ini merupakan perintah pimpinan Polri yang harus terlaksana sampai tingkat bawah. Tahun 2019 merupakan agenda politik yang mana tahapan kampanye sudah mulai tgl 23 September 2019, dan sarat dengan potensi kerawanan diantaranya hate speech, perusakan alat peraga kampanye yg bisa merusak jalannya pemilu.

“Acara ini juga sebagai momentum yang baik untuk interospeksi diri sesuai dengan fungsi kita masing masing dalam pelaksanaan pemilu”, jelas Luki.

Adapun indikator keberhasilan pelaksanaan pemilu diantaranya adalah tingginya partisipasi masyarakat, dan sedikit adanya pelanggaran pemilu.
Kekuatan sejati terbesar kita adalah tingginya toleransi masyarakat dalam kondisi keanekaragamaan dan tekad masyarakat bekerja bahu membahu dalam mendukung terselenggaranya pemilu. “Saya ucapakan terima kasih kepada TNI dan Pemda Jatim serta stakeholder yang lain dalam dukungan untuk upaya menciptakan kondisi yg kondusif”, pungkas Jendral dengan dua bintang dipundak ini.

Pangdam V Brawijaya Mayjen Arif Rahman mengatakan berterima kasih kepada Kapolda Jatim yang mempunyai inisiatifnya untuk mengadakan kegiatan ini. Sehingga pelaksanaan pemilu di Jatim bisa berlangsung dengan aman dan lancar. Giat ini bersifat strategis sebagai mimbar konsulidasi untuk pelaksanaan pemilu yang akan datang dan sebagai ajang silaturahim untuk saling mengenal diantara aparatur atau stakeholder terkait pelaksanaan pemilu.

“Kami bertugas membantu Polda Jatim agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar, dan tidak lain atas sinergitas dengan stakeholder yang lain”, jelas Arif. Dalam vicon Panglima TNI juga menekankan pentingnya netralitas dalam pelaksanaan pemilu.

Ketua KPU Jatim Eko Sasmito mengatakan sinergitas kita seluruh elemen yang terlibat dalam pemilu, sudah kita buktikan atas suksesnya pelaksanaan pemilukada serentak 2018 di Jatim yang telah kita laksanakan dengan baik. Dan hari ini kita adakan kegiatan deklarasi pemilu damai 2019.

“Saya ingatkan kepada kawan KPUD Kabupaten bahwa kita buktikan dengan penuh tanggung jawab untuk melaksanakan pemilu dengan lancar dan aman”, ujar Eko panggilan akrabnya.

Sedangkan dari Bawaslu Jatim Totok Hariyono, SH mengatakan mitra strategis Bawaslu yaitu segenap komponen masyarakat untuk dapat mengawasi atau menegakkan pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan baik.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanda tanganan akta deklarasi damai pemilu 2019.

Perlu diketahui tampak hadir dalam acara Gubernur Jatim, Pangdam V Brawijaya, Wakapolda Jatim, Kajati Jatim, Pejabat utama Polda Jatim, Kapolresta Surabaya, Kapolresta Sidoarjo, Kapolres/ta Jajaran, para Danrem se Jatim, Kabag ops polres Jajaran, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua Parpol, Team Kampanye ( Ketua dan Skretaris), Ketua KPUD dan Ketua Bawaslu se Jatim. (anton)