Derap.Id, Surabaya – Penyebaran virus corona baru di Indonesia masih tinggi, apalagi sekarang ini banyak orang yang dinyatakan positif tanpa gejala (OTG) atau memiliki gejala ringan, dan mereka yang memiliki gejala tetapi tidak mau menjalani rapid test dan memilih untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Sekarang, apapun kondisinya, jelas bahwa Covid19 mudah menyebar, jadi kita selalu tetap waspada, mengikuti prosedur kebersihan dan meningkatkan kekebalan. Terutama yang merawat anggota keluarga yang positif Covid-19 atau memiliki gejala serupa. Pakar penyakit dalam dr Hendra Gunawan SpPD mengatakan, risiko penularan sangat tinggi ketika merawat anggota keluarga yang positif Covid-19.

Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk meminimalkan penularan dan menyembuhkan anggota keluarga yang aktif.

Agar sembuh, cobalah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk resep obat yang benar. Namun, kami juga dapat membantu keluarga meningkatkan kekebalan mereka. Cara menjaga pola makan, minum vitamin dan olahraga, serta berjemur untuk mendapatkan vitamin D.

Sementara itu, untuk meminimalisir penyebaran di lingkungan rumah, beberapa hal dapat dilakukan. Berikut 5 hal yang diturunkan dr Hendra Gunawan SpPD, pakar penyakit dalam.
Berita Lanjutan: 5 Cara Menghindari Infeksi Saat Merawat Pasien Positif Covid19 :

1. Kamar Tidur
Apakah Kamar Tidur Anggota Positif Covid19 Harus Dipisah atau Di Ruangan Berbeda? Dan ditempatkan dalam ruangan dengan ventilasi alami yang baik, pencahayaan yang baik dan ruang untuk beribadah. Selain itu, obat-obatan dan peralatan medis, seperti oksimeter dan termometer. Anda juga perlu diajak berkomunikasi untuk menghindari stres.

2. Kamar Mandi
Seperti halnya kamar tidur, kamar mandi dan tempat cuci tangan harus terpisah dari anggota keluarga lainnya. Hal yang sama berlaku untuk semua perlengkapan mandi yang dikarantina. Jika tidak memungkinkan, anggota rumah tangga yang dinyatakan positif Covid19 harus sering dibersihkan dengan disinfektan setiap selesai digunakan.

3. Sampah
Sampah ditempatkan dalam plastik terpisah di ruangan anggota keluarga yang dinyatakan positif Covid19. Anggota keluarga yang sehat harus memakai masker dan sarung tangan dua lapis saat meminumnya. Segera cuci tangan dengan sabun dan air setelah membuang sampah.

4. Binatu
Anggota keluarga yang positif Covid19 juga harus mencuci pakaian secara terpisah dari anggota keluarga lainnya. Kenakan masker dua lapis dan sarung tangan karet saat mencuci pakaian. Sebelum mencuci, yang terbaik adalah merendam pakaian dengan deterjen. Setelah mencuci pakaian, cuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik.

5. Makan
Gunakan peralatan makan yang berbeda dengan anggota keluarga lainnya, simpan di tempat yang berbeda dan cuci dengan air dan deterjen. Saat memberi makan dan mengumpulkan peralatan makan, kenakan sarung tangan dan masker dua lapis.
Jika pasien tidak dapat makan sendiri, keluarga yang merawatnya harus memakai alat pelindung diri dan mengikuti prosedur kesehatan yang baik.

Juga harus diperhatikan bahwa anggota keluarga harus dalam keadaan sehat dan tidak termasuk dalam kelompok risiko tinggi Covid-19 yaitu lansia, ibu hamil dan penderita penyakit bawaan. (SHU)