KJJT Lahir Demi Tercapainya Kemajuan Dan Independensi Dunia Pers Di Indonesia

0
380

DERAP.ID || Surabaya – Demi tercapainya kemajuan dan Independensi dunia pers Di Indonesia lahirlah Komunitas Jurnalis di Surabaya dengan nama Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT).

Melalui Surat Keputusan Kemenkumham tentang  Perkumpulan Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) Nomer AHU.000.7719.AH.01.07 tertanggal 16 September 2020 telah di sandangnya. SK tersebut sesuai pengajuan Notaris Eva Fitri Sagitarina pada 12 Agustus 2020 lalu.

Dengan adanya legalitas SK Kemenkumham tersebut, pungawa Dewan Pengawas dan segenap Pengurus KJJT menetapkan pada tanggal 16 September sebagai Hari Lahir nya organisasi yang mengedepankan edukasi dan advokasi insan Jurnalis.

Sesuai kesepakatan ini, pengawas dan pengurus juga menggelar tasyukuran potong tumpeng pada hari Kamis, (22/09/2020) di Square Hotel Siwalankerto Surabaya kemaren.

Menurut keterangan Maryati dengan sapaan akrabnya Marsel selaku sekertaris Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) mengatakan, KJJT ini di bentuk bertujuan untuk agar para awak jurnalis dari berbagai media cetak maupun online yang masuk lingkup KJJT saat bertugas di lapangan lebih profesional,” katanya, Sabtu (26/09/2020).

Perjuangan bermula setiap seminggu sekali yang tepatnya pada hari Rabu malam, lanjut Marsel, KJJT ini selalu memberikan extrakurikuler jurnalis atau pemahaman bersifat mengedokasi awak media saat terjun di lokasi liputanya.

Extrakurikuler yang bertema cangkrukan belajar bareng ini bertempat di kedai kopi alias giras Mbah Cokro yang berada di Jln Prapen Surabaya samping indoglosir.

Marsel menambahkan, legalitas yang telah resmi di sandang KJJT ini bukti keseriusan para kuli tinta alias jurnalis untuk memperjuangkan hak – hak insan wartawan agar tidak ada kriminalisasi dan diskriminasi atau pembunuhan karekter sang kuli tintah, dan yang penting KJJT siap memperjuangkan kapasitas SDM anggota menjadi lebih baik dan bisa segera tersertifikasi secara kapabel oleh Dewan Pers,” tegasnya.

“Dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esah, kami selaku sekretaris atas nama para awak media atau wartawan yang bergabung dan mendukung KJJT ini, kami ucapkan terimakasih atas terlaksananya tasyukuran kemaren lalu, sesuai program pemerintah yakni berkaitan dengan Covid19 tetap mengedepankan protokol kesehatan,” imbuh sekertaris KJJT. (hasan)