Acara Keroncong Svaranusa di Menara Teratai Ditutup Penampilan Ndarboy Genk

DERAP.ID | Banyumas – Acara Keroncong Svarnusa yang hadir di Menara Teratai Purwokerto mulai Sabtu (29/6/2024) sore hingga malam, menghadirkan musisi keroncong dan bintang tamu Ndarboy Genk. Perhelatan Keroncong Svaranusa 2024 bertema “Bhinneka Tunggal Irama, Ora Keroncong Ora Kepenak”, digelar secara gratis oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Keroncong Svaranusa ini menyasar komunitas musisi keroncong Kabupaten Banyumas dan sekitarnya.

Adapun, kegiatan puncak tersebut dimeriahkan oleh kehadiran berbagai musisi keroncong tentunya. Lalu tak kalah menarik, mendatangkan bintang tamu grup dangdut papan atas Tanah Air yaitu Ndarboy Genk yang diiring oleh Orkestra Keroncong Svaranusa.

Untuk Ndarboy Genk sendiri, menjadi kali kedua tampil di Kabupaten Banyumas pada bulan Juni 2024. Hal itu setelah mengisi panggung hiburan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, pekan lalu.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra menuturkan, musik keroncong telah melekat sejak lama sebagai bagian khazanah seni bernilai tinggi yang tumbuh berkembang dalam masyarakat Indonesia. Ia menambahkan sebagai bagian seni musik yang muncul dari kearifan lokal maka keroncong pun ikut memperkaya kebudayaan nasional. Oleh sebab itu, Kemendikbudristek berkomitmen akan terus menjaga serta mengembangkan industri musik keroncong.

“Tentu saja dalam hal ini mendorong kreativitas karya para seniman keroncong. Pemberdayaan seniman keroncong amat penting agar kebudayaan tetap hidup sekaligus mensejahterahkan mereka,” jelasnya.

Menurut Mahendra, Kemendikbudristek berharap penyelenggaraan Keroncong Svaranusa mampu menggugah minat generasi muda untuk ikut mendalami seni musik keroncong. Melalui kreativitas generasi muda, ucap Mahendra, akan tercipta inovasi seni keroncong yang beradaptasi dengan zaman.

Acara ini diisi oleh maestro keroncong bernama Tuti Maryati Djakaria, Fajar Sopsan yang terkenal dengan lagu Gentawil Gek, dan Direktur Musik Puput Pramuditya.

Selain itu, Orkes sejak 1995 bernama OK Gema Kencana, Orkes Keroncong Swara Serayu dibawah komando Arif Darmawan, OK Enem Sanga asal Cilacap, dan pengisi lainnya. (Widhi/Humas Pemkab Banyumas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here