Bawaslu Kota Madiun Gelar Penguatan Kepemiluan Bagi Disabilitas & Kelompok Rentan Usia Lansia

DERAP. ID II Madiun. Sekitar lima puluhan orang dari Disabilitas dan kelompok rentan usia lansia dari beberapa Kelurahan di kota Madiun mendapatkan sosialisasi Penguatan Kepemiluan 2024 di Kantor Bawaslu kota Madiun, pada Selasa 30 Januari 2024. Kegiatan tersebut langsung dipimpin oleh Komisioner Bawaslu kota Madiun Mohda Alfian dan menghadirkan Narasumber dari KPU kota Madiun dan Dinsos kota Madiun. Banyak hal terkait hak pilih dalam Pemilu 2024 bagi Disabilitas dan kelompok rentan yang pada prinsipnya memiliki hak yang sama dengan pemilih lainnya dikupas tuntas oleh Narasumber. Tak hanya pemaparan dari Narasumber, acara tersebut juga diwarnai dengan dialog dan Interaksi aktif seputar Kepemiluan dari peserta dengan Pemateri acara.

Usai acara, Komisioner Bawaslu kota Madiun Mohda Alfian mengatakan bahwa acara tersebut digelar guna memfasilitasi khususnya bagi para Disabilitas dan Kelompok rentan kota Madiun guna mendapatkan informasi dan pengetahuan terkait Kepemiluan 2024 . Mohda Alfian lebih lanjut mengatakan bahwa khususnya untuk pelayanan bagi para Disabilitas dan Kelompok Rentan terutama saat di Tempat Pemungutan Suara atau TPS nantinya dapat mengakses secara aktif dalam rangka partisipasi aktif sebagai Pemilih. Dan menurutnya jika nanti para Disabilitas dan Kelompok Rentan atau Lansia tersebut mengalami kesulitan, mereka dapat berkomunikasi atau menyampaikan kepada kami ( petugas Bawaslu ).
” Peran mereka sebagai pemilih pada Pemilu nanti tidak dibeda bedakan antara yang sakit dan yang sehat sebab pada prinsipnya sebagai warga negara punya hak yang sama sebagai Pemilih dalam mensukseskan Pemilu ” , Kata Mohda Alfian saat diwawancarai usai acara tersebut.

Mohda Alfian berharap dengan kegiatan ini mereka bisa lebih memahami dalam konteks kelompok Disabilitas dan Kelompok Rentan serta bisa berperan aktif sebagai pemilih dan mencoblos dalam Pemilu 2024 nanti. ( Jhon ).